UPAYA MENUMBUHKAN RASA CINTA TANAH AIR PADA ANAK USIA DINI MELALUI LOMBA 17-AN DI TK AISYIYAH 51 BUSTANUL ATHFAL

Ero Ayu Ajeng Bahrudin, Amanda Nariswari, Izdihar Chairunnisa, Ummul Habibah Hasyim

Abstract


Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa secara interdisipliner, institusional, dan kemitraan. Salah satu program yang dilakukan yaitu program dengan Upaya Menumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air Pada Anak Usia Dini Melalui Lomba 17-an di TK Aisyiyah 51 Bustanul Athfal. Adapun kegiatannya yaitu lomba mewarnai lafaz Allah dan gambar Abang none, estafet bendera merah putih, memasukkan bola ke dalam keranjang, fashion show adat betawi, penampilan tari ondel-ondel, dan pembacaan ikrar Bustanul Athfal. Program ini berguna untuk membentuk generasi yang cinta tanah air, menghargai keberagaman budaya, dan memiliki pemahaman yang mendalam tentang kemerdekaan. Dengan melibatkan mereka dalam pengenalan budaya lokal serta nilai-nilai kemerdekaan, program ini menciptakan dampak yang meluas dan jangka panjang. Dalam proses pelaksanaannya, program ini tidak hanya memberikan pengetahuan tentang sejarah dan budaya, tetapi juga mengasah keterampilan sosial, kreativitas, dan karakter anak-anak. Mereka belajar berkolaborasi, berkomunikasi, dan beradaptasi dalam lingkungan kelompok. Program ini juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa berkontribusi dalam pemberdayaan masyarakat guna memperdalam pemahaman tentang pendidikan anak usia dini untuk persiapan masa depan.  Kesimpulannya, program ini mampu menciptakan lingkungan belajar yang positif, membangun rasa cinta tanah air, dan membentuk generasi masa depan yang penuh potensi dan berkomitmen terhadap kemajuan Indonesia.


Full Text:

PDF

References


Anggraeni, R., Budi, R. (2023). Menerapkan Rasa Cinta Tanah Air Pada Anak Usia Dini. Educivilia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol.14, No.2. Juli: 96-101.

Gutiawati, T.,A.& Wulansari, B.,Y.(2022). Pengembangan Tema Budaya Lokal Ponoragan Untuk Membentuk Karakter Cinta Tanah Air Dalam Kurikulum PAUD. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Vol.10, No.2. Juli:167-181.

Lestari, A.C. (2022). Kebudayaan Lokal dan Urgensinya dalam Menumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air bagi Anak Usia Dini. Prosiding: Konferensi Nasional Etnoparenting. Universitas Pendidikan Indonesia. Juli: 13-21.

Salsabila, A., Sifa, W.H.,Ahmad.D.,& M. Rusdi. (2022). Lomba 17 Agustusan dalam Rangka Memperingati HUT Ke-77 RI di RA Al- Karomah Parung Serab, Ciledug. Universitas Muhammadiyah Jakarta: Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ.

Windrati, dkk. (2022). Aktualisasi Nilai Nasionalisme dan Cinta Tanah Air Melalui Semarak Lomba 17-an Sebagai Wujud Literasi Kewarganegaraan Di Dusun Brenggalan Desa Tiyaran. Jurnal Pengabdian Masyarakat I-com: Indonesian Community Journal. Vol. 2. No.3. Desember: 506-515.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ