Penerapan Pengurangan Sampah Plastik Di SD 01 Kampung Sawah

Frisca Nur Aryati, Ilmallica Salfa, Lina Fauziah Nurlatifah, Renty Anugrah Mahaji Puteri

Abstract


Sampah plastik adalah salah satu sampah anorganik yang diproduksi setiap tahun oleh seluruh dunia. Diketahui hanya kira kira 5% dari sampah plastik yang dapat didaur ulang, sedangkan 40% dari sampah plastik akan terkumpul di Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Tujuan dari kegiatan ini adalah Untuk mengurangi pengeluaran dalam penggunaan kantong plastic. Kegiatan  KKN  ini  dilaksanakan  di  SD 01 Kampung Sawah, Kecamatan Rumpin, kabupaten bogor. Metode yang dilakukan dalam kegiatan ini adalah dengan memberikan materi dalam kegiatan sosialisasi Pengurangan Penggunaan Sampah Plastik Hasil dari kegiatan ini adalah, kami memberikan informasi melalui guru kepada orang tua agar siswa/siswi  membawa bekal dan tempat minum masing-masing dari rumah untuk mengurangi penggunaan plastic. Kesimpulan dari kegiatan Kuliah  Kerja Nyata ini adalah dilakukan dalam bentuk sosialisasi, dilakukan pada tanggal 10 Agustus 2023. Sosialisasi bertempat di di  SD 01 Kampung Sawah, Kecamatan Rumpin, kabupaten bogor.     sebanyak 150 Siswa/Siswi.


Full Text:

PDF

References


Nugroho, D. F. K., Elmalia, P., Safira, D. S., dan Ichwan, A. 2022. SOSIALISASI PENGURANGAN PENGGUNAAN PLASTIK. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat.

Arwini, N. P. D. 2022. SAMPAH PLASTIK DAN UPAYA PENGURANGAN TIMBULAN SAMPAH PLASTIK. Jurnal VASTUWIDYA. Universitas Mahendradatta Bali. Vol. 5 (1).

Tuerah, P., Shelty, S., Laura, S., Meylan, R., dan Elce, G. 2023. Edukasi Tentang Sampah Plastik Sebagai Implementasi Penguatan Kurikulum Merdeka di SD Inpres Pangu Kecamatan Ratahan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 4 (3).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ