PROGRAM KESEHATAN ANALISIS STATUS GIZI ANAK MENGGUNAKAN ANTROPOMETRI MURID TK ‘AISYIYAH 51 DAN PENGECEKAN TENSI DAN GULA DARAH GURU DAN WALI MURID TK ‘AISYIYAH 51, KOTA BAMBU, SLIPI

Selfia Risyanti, Shafwan Hakim, Farrah Saphira, Ummul Habibah Hasyim

Abstract


Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa secara interdisipliner, institusional, dan kemitraan. Salah satu program yang dilakukan yaitu “Program Kesehatan Analisis Status Gizi Anak Menggunakan Antropometri Murid TK ‘Aisyiyah 51 dan Pengecekan Tensi dan Gula Darah Guru dan Wali Murid TK ‘Aisyiyah 51, Kota Bambu, Slipi” Program kerja pengukuran ini dilakukan anak-anak yang bertujuan untuk melihat gambaran status gizi murid TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal 51. Dengan adanya program kerja ini membuat murid TK “Aisyiyah Bustanul Athfal 51 menjadi sangat antusias dan senang dengan diadakannya pengukuran tinggi badan, berat badan, dan lingkar perut. Selain itu, melalui pengukuran tinggi badan, berat badan, dan lingkar perut dapat membantu pihak TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal 51 dalam mengetahui hasil dari pengukuran terhadap murid-murid sekolah tersebut. Pengukuran yang dilakukan meliputi pengukuran tinggi badan, berat badan, dan lingkar perut. Setelah dilakukannya pengukuran, data yang didapatkan akan dihitung dan dianalisis mengenai status gizi anak. Program kerja pemeriksanaan kesehatan untuk guru dan wali murid TK ‘Aisyiyah 51  bertujuan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat dalam menjaga kesehatan. Dengan adanya program kerja ini membuat guru dan wali murid TK ‘Aisyiyah 51 menjadi sangat antusias dan senang dengan diadakannya pemeriksaan kesehatan secara gratis. Pemeriksanaan kesehatan yang dilakukan meliputi cek tekanan darah dan gula darah. Selain itu, guru dan wali murid juga akan mendapatkan konseling setelah pemeriksanaan terkait pola makan sehat sehar-hari untuk mencegah penyakit hipertensi dan diabetes.


Full Text:

PDF

References


Aliyyah, R. R. et al. (2021) ‘KULIAH KERJA NYATA: PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT MELALUI KEGIATAN PENDAMPINGAN PENDIDIKAN’, JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(2), pp. 663–676. doi: 10.31764/jmm.v5i2.4122.

Laia, B. (2022) View of SOSIALISASI DAMPAK KEGIATAN KULIAH KERJA NYATA DI DESA (STUDI: DESA SIROFI), Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Available at: https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/HAGA/article/view/325/267 (Accessed: 27 August 2023).

Sa’diyah, R. et al. (1917) ‘Aisyiyah Dki Jakarta (Sejarah Dan Kilas Balik)’. UNIB (2019) ‘BUKU PANDUAN KULIAH KERJA NYATA’. Available at: https://sikkn.unib.ac.id/assets/frontend/uploads/materi_kkn_2019/Panduan KKN - terbaru - Copy.pdf (Accessed: 27 August 2023).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ