PENDIDIKAN KONSERVASI BIODIVERSITY PADA EKOSISTEM MANGROVE DAN POTENSI ECO-TOURISM DI DESA PETALING MELALUI SOSIALISASI DAN PAPAN INTERPRETASI

Fadil Akbar Nurhadi, Heri Heri, Ansar Hs, Hafizh M Iqbal, Tri Dimas Husin, Suheni Suheni, Anisa Nurul Fauzia, Baharudin Yusup Maulana, Zahra Awaunissa, ‘Aina Tsabitah Qolbi, Febriyanti Azahra Abidin, Viola Heraldine, Muhamad Tohir, Tri Yuni Hendrawati

Abstract


Desa Petaling memiliki kekayaan biodiversity pada ekosistem mangrove yang berpotensi menjadi wisata serta kekuatan desa yang dapat menghasilkan income bagi Desa Petaling. Desa Petaling terletak strategis, letaknya tepat dengan awal masuk pada Pulau Mendanau Kecamatan Selat Nasik, luas Desa Petaling sendiri sebesar ±37.000 m2. Dapat diketahui bahwa ekosistem mangrove desa petaling masih dalam kondisi vegetasi yang beragam dan asri. Pentingnya menjaga ekosistem mangrove dapat menyelamatkan pulau dari degradasi daratan akibat gelombang laut. Namun pengelolaan dari ekosistem mangrove yang masih kurang serta tingkat kesadaran membangun pariwisata yang masih perlu di asah kembali. Dalam pengelolaanya potensi mangrove ini masih bisa berkembang lebih baik. Metode pelaksanaan yang kami buat yaitu metode sosialisasi dan diskusi mengenai permasalahan yaitu kurangnya informasi terkait jenis – jenis mangrove yang perlu diketahui oleh masyarakat melalui papan interpretasi. Infromasi terkait jenis – jenis mangrove sangat dibutuhkan masyarakat untuk dapat menjelaskan apa saja yang dapat diketahui dari mangrove Desa Petaling. Perlunya pengetahuan terkait pengelolaan ekosistem mangrove di Desa Petaling. Pengelolaan ekosistem mangrove dapat berkelanjutan bagi desa dalam poses membanguin potensi desa yang semakin kuat. Peningkatan pemahaman dan pembelajaran ini disampaikan melalui sosialisasi secara teoritis dengan tahapan awal observasi lapangan. Indikator lain melihat keberhasilannya adalah kenyamanan mitra dalam berhubungan serta diskusi keberlanjutan yang memberikan rasa antusiasme untuk memajukan potensi wisata desa. Hasil evaluasi program terlaksana juga melihat kepuasan mitra dengan tim KKN MAs ini serta sinergitas antar lembaga masyarakat maupun tim KKN MAs dapat terus menjadi sinergitas yang mampu membangun, memajukan, dan unggul dalam segala bidang terutama bidang potensi biodiversity berkelanjutan.


Full Text:

PDF

References


Aulia, R.N. and Sulistiyaningsih, R. (2020) ‘Kandungan Metabolit Sekunder Dan Aktivitas Senyawa Bioaktif Tumbuhan Mangrove Perepat (Sonneratia Alba)’, Farmaka, 17(3), pp. 151–156.

Djuku, S.U., Makaborang, Y. and Taranau, O.K. (2021) ‘Jurnal Penelitian Kehutanan Bonita Jurnal Penelitian Kehutanan Bonita’, Jurnal Penelitian Kehutanan Bonita, 4(2), pp. 20–29.

Ely, A.J. et al. (2021) ‘Strategi Pengelolaan Ekosistem Hutan Mangrove Di Negeri Amahai’, TRITON: Jurnal Manajemen Sumberdaya Perairan, 17(1), pp. 57–67. Available at: https://doi.org/10.30598/tritonvol17issue1page57-67.

Hadi, A.M. and Irawati, M.H. (2016) ‘KARAKTERISTIK MORFO-ANATOMI STRUKTUR’, pp. 1688–1692.

Karimah (2017) ‘Peran Ekosistem Hutan Mangrove Sebagai Habitat Untuk Organisme Laut’, Jurnal Biologi Tropis, 17(2), pp. 51–57. Available at: https://doi.org/10.29303/jbt.v17i2.497.

Monika, L., Rahmafitria, F. and Supriatna, U. (2018) ‘Perencanaan Media Interpretasi Non-Personal Sejarah di Wana Wisata Kawah Putih Kabupaten Bandung’, JPIS Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 27(1), pp. 61–75. Available at: http://ejournal.upi.edu/index.php/jpis.

Patimah (2022) ‘Kajian Bruguiera gymnorrhiza (Tumbuhan Tancang) Di Kawasan Mangrove Muara Aluh-Aluh Sebagai Bahan Pengayaan Konsep Keanekaragaman Hayati Di SMA Dalam Bentuk Booklet’, 1(3).

Ritohardoyo, S. and Ardi, G.B. (2014) ‘Media informasi pengembangan ilmu dan profesi kegeografian untuk pemenuhan kebutuhan manusia dan kondisi hutan mangrove di Indonesia’, Geografi jurnal, 11, pp. 43–57.

Rohim, M., Ridwan, I. and Fahruddin, F. (2021) ‘Analisis Sebaran dan Kerapatan Hutan Mangrove Menggunakan Landsat 8 di Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan’, Jurnal Natural Scientiae, 1(1), pp. 23–28. Available at: https://doi.org/10.20527/jns.v1i1.4425.

Subdistrict, N. et al. (2015) ‘PERTUMBUHAN BAKAU MERAH ( Rhizophora mucronata ) DI PERSEMAIAN MANGROVE DESA MUARA , KECAMATAN TELUK NAGA , KABUPATEN TANGERANG The Growth of Red Mangrove ( Rhizophora mucronata ) in Nursery at Muara Village , Teluk’, 06(3), pp. 172–178.

Syahrial (2019) ‘Studi Komparatif Morfologi Mangrove Rhizophora apiculata pada Kawasan Industri Perminyakan dan Kawasan Non Industri Provinsi Riau’, Maspari Journal, 11(1), pp. 31–40.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ