Sosialisasi Pencegahan Bullying Untuk Menjaga Kesehatan Mental di SMK Muhammadiyah 5/ Aisyiyah 1

Mutia Nurdiana, Daffa Pasya Islami, Salwa Sabilah, Arra Arensha Iman, Budiman Budiman

Abstract


SMK Muhammadiyah 5 atau Aisyiyah 1 merupakan mitra dalam melaksanakan program kerja kelompok KKN PCA Tanah Abang 3. SMK Muhammadiyah 5 atau Aisyiyah 1 didirikan pada tahun 1990 berada di Jl. Taman Bendungan Jatiluhur No.18, kota Jakarta Pusat. Maraknya kasus bullying dikalangan pelajar sekolah saat ini menjadi tantangan besar bagi sektor pendidikan di Indonesia. Bullying adalah suatu tindakan perilaku yang dilakukan dengan cara menyakiti dalam bentuk fisik, verbal atau emosional psikologis oleh seseorang atau kelompok yang merasa lebih kuat kepada korban yang lebih lemah fisik ataupun mental secara berulang - ulang tanpa ada perlawanan dengan tujuan membuat orang menderita. Kesehatan mental juga dapat memburuk karena tindakan bullying, perilaku bullying sering kali menyebabkan seseorang menjadi depresi, menutup diri dan rendah diri. Oleh karena itu kelompok KKN PCA Tanah Abang 3 melakukan sosialisasi kepada peserta didik SMK Muhammadiyah 5 guna meningkatkan pemahaman peserta didik tentang pencegahan bullying untuk menjaga kesehatan mental. Dengan pemahaman ini di harapkan peserta didik dapat terhindar atau terlibat dalam perilaku bullying dan juga mampu mengantisipasi bullying di lingkungan sekitar. Dalam hal inilah, pentingnya sosialisasi menjaga kesehatan mental sebagai bentuk pencegahan bullying di lingkungan sekolah terhadap peserta didik SMK Muhammadiyah 5. Tujuan diambilnya tema tersebut yaitu peserta didik mendapatkan pembekalan yang baik tentang bahaya bullying serta kesadaran pentingnya kesehatan mental di kalangan pelajar. Hal tersebut dibuktikan dengan meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap isu-isu yang disampaikan dan dibahas pada saat diskusi dan sesi tanya jawab.


Full Text:

PDF

References


Anwas, O. M. (2011). Kuliah Kerja Nyata Tematik Pos Pemberdayaan Keluarga Sebagai Model Pengabdian Masyarakat Di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 17(5).

Arikunto., & suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dewi., & Sari, K. (2012). Buku Ajar Kesehatan Mental. Semarang: Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Universitas Diponegoro.

Hamidar, R, N., & Rosidah, N, S. (2021). Kosep Kesehatan Mental Remaja Perpektif Islam. Prophetic Guidance and Counseling Journal. 2(1).

Laila, B. (2022). Sosialisasi Dampak Kuliah Kerja Nyata di Desa (Studi Desa Sirofi). HAGA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.

Laila, B., & Zai, E, P. (2020). Motivasi dan Budaya Berbahasa Inggris Masyarakat Daerah Tujuan Wisata terhadap Perkembangan Bahasa Anak di Tingkat Slta (Studi Kasus: Desa Lagundri – Desa Sorake – Desa Bawomataluo). Jurnal Education and Development, 8(4).

Prasetyo, A, E. (2021). Edukasi Mental Health Awareness Sebagai Upaya Untuk Merawat Kesehatan Mental Remaja Dimasa Pandemi. Journal Empowerment, 2(2).

TimSejiwa. (2008). Bullying: Panduan bagi Orang Tua dan Guru Mengatasi Kekerasan di Sekolah dan Lingkungan. Jakarta: Grasindo.

Zakiyah, E, Z., Humaedi, S., Santoso, M, B. (2017). Faktor yang Mempengaruhi Remaja Dalam Melakukan Bullying. Jurnal Penelitian & PPM. 4(2).

Wahani, E, T., Isroini, S, T., Setyawan, A. (2022). Pengaruh Bullying Terhadap Kesehatan Mental Remaja. EduCurio Jurnal.1(1).

Faizah, F., & Amma, Z. (2017). Bullying dan Kesehatan Mental pada Remaja Sekolah Menengah Atas Di Banda Aceh. Gender Equality: Internasional Journal of Child and Gender Studies. 3(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ