PROGRAM EDUKASI GIZI SEIMBANG DAN POLA HIDUP BERSIH DAN SEHAT PADA SISWA/I DTA USWATUN HASANAH KECAMATAN PAGADEN, KABUPATEN SUBANG

Muhammad Faisal Adani, Ananda Shofiatin Sakinah, Afiqah Nurul Falah, Fachmi Diandra Haryono, Najmah Ahmad, Dahlia Nauly

Abstract


Pendidikan kesehatan adalah hal yang sangat penting dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kesehatan dalam kehidupan masyarakat. Sekolah mempunyai peran khusus dan berkedudukan strategis sebagai lembaga penting dalam upaya promosi pendidikan dan kesehatan. Hal ini dikarnakan sebagian besar anak-anak menghabiskan waktunya dengan cukup lama di lembaga pendidikan. Kesadaran menjalankan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan Gizi Seimbang pada siswa/i DTA Uswatun Hasanah, Kecamatan Pagaden, Kabupaten Subang. Pada umumnya masih kurang pengetahuan. Salah satu bagian dari PHBS adalah Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun dan Air Mengalir yang memilki dampak penting untuk kesehatan. Selain itu, kurangnya minat untuk mengkonsumsi sayur dan buah yang merupakan salah satu bagian dari Pola Gizi Seimbang. Sedentary life dan pola makan yang tinggi kalori dan lemak, serta rendah serat merupakan sebuah permasalahan yang dilatarbelakangi pada kurangnya pengetahuan dan sikap tentang gizi seimbang. Metode yang digunakan adalah memberikan pemahaman melalui kegiatan penyuluhan mengenai pola gizi seimbang dan pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat melalui praktik cara cuci tangan pakai sabun dengan benar. Tujuan pelaksanaan program penyuluhan ini adalah meingkatkan pengetahuan dan keterampilan mengenai PHBS dan Gizi Seimbang. Hasil dari kegiatan ini berjalan lancar, dengan memberikan edukasi gizi seimbang dan PHBS. Dilanjutkan praktik cara cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir yang baik dan benar, disertai ice breaking berupa tanya jawab dengan hasil siswa/i DTA Uswatun Hasanah, Kecamatan Pagaden, Kabupaten Subang mampu menjawab pertanyaan dengan benar dan tepat


Full Text:

PDF

References


Amalia, J. O., & Putri, T. A. (2022). Edukasi Gizi Seimbang Pada Anak-Anak Di Desa Bawuran, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul. Jurnal Pasopati: Pengabdian Masyarakat dan Inovasi Pengembangan Teknologi, 4(1), 65-70.

Budiono, I., Putriningtyas, N. D., Indrawati, F., Kasman, K., & Kurniawan, F. (2022). Upaya Peningkatan Pengetahuan Tentang Gizi Seimbang Melalui Edukasi dengan Media Permainan Ular Tangga pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Kesehatan Masyarakat (Pengmaskesmas), 2(2), 87-95.

Kemensos RI. (2020). Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Penguatan Kapabilitas Anak Dan Keluarga. Penguatan Kapabilitas Anak Dan Keluarga, 1-14.

Mustar, Y. S., Susanto, I. H., & Bakti, A. P. (2018). Pendidikan Kesehatan: Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Di Sekolah Dasar. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 2(2), 89-95.

Ulya, U., Mulfah, I., Nursapitri, M., Affia, M. R., & Rahman, I. (2022). Program Edukasi 6 Langkah Mencuci Tangan Pada Anak Di MI Al-Hidayah Kelurahan Cirendeu. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1(1), E-ISSN: 2714-6286.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ