Membangun Semangat dan Membentuk Generasi Muda Dalam Mengembangkan Olahraga (Woodball) Di SMP Negeri 17 Kota Tangerang Selatan

Genta Arya Danuarta, Alfiyansyah Fauzi, M. Hisyam Salaat, Ika Yulianingsih, Wilda Yunieswati, M. Al Ghani

Abstract


Pembentukan karakter bangsa dapat dilakukan salah satunya melalui olahraga. Dengan olahraga kita bisa kembangkan karakter bangsa, sportivitas sekaligus merekatkan persatuan bangsa. Atas dasar tersebut, semua komponen bangsa harus memberikan andil dalam memajukan olahraga nasional. Menurut Irwan Prayitno (2008), secara normatif dan sebagaimana telah hampir dapat diterima oleh umumnya kita sekalian, pembentukan karakter bangsa merupakan hal yang amat penting bagi generasi muda dan bahkan menentukan nasib bangsa dimasa yang akan datang. Dengan permsalahan tersebut Kuliah Kerja Nyata Pengabdian Kepada Masyarakat (KKN-PKM) UMJ 2023 ingin merubah pada generasi muda agar mereka tetap konsisten akan keputusan nya serta memiliki jiwa nasionalisme yang baik, tujuan dari pembentukan karakter ini bukan semata-mata hanya hal sepele tetapi ini menjadi kekhawatiran yang luar biasa karna banyak nya generasi muda yang putus sekolah, kehilangan masa depan karena mereka tidak memiliki karakter dan tidak memliki rasa tanggungjawab lebih akan dirinya sendiri. Hal tersebut kita lakukan di SMPN 17 Tangerang Selatan karena para siswa/siswi akan menjadi penerus bangsa ini apabila tidak dipersiapkan maka karakter dari generasi muda itu runtuh dan hancur. Dengan adanya olahraga serta edukasi terkait membangun semangat dan generasi muda maka setiap siswa/siswi dapat melakukan kegiatan positif baik disekolah maupun diluar sekolah. Olahraga merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan sebagai alat pembentukan karakter manusia. Olahraga dengan slogan sport for all, merupakan Langkah awal yang strategis menuju pembentukan karakter. Pembentukan karakter selain dilandasi oleh budaya nasional juga diwarnai oleh budaya dan ciri khusus cabang olahraga yang dilakukan. Oleh karena itu untuk mengangkat citra Indonesia di mata dunia maka salah satu cara adalah membangun kebesaran Indonesia kembali:bangunlah olahraganya. Melalui olahraga, seseorang akan memiliki tanggungjawab, rasa hormat dan memiliki kepedulian dengan sesama.


Full Text:

PDF

References


Lickona, T. 1992. Educating for Character: How Our Schools can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.

Zuhdi, D. 2009. Pendidikan Karakter: Grand Design dan Nilai-nilai Target. Yogyakarta: UNY Press.

Muslich, Masnur. 2011. Pendidikan Karakter. Jakarta : PT. Bumi Aksara.Hal 8

Anifral Hendri. 2008. Ekskul Olahraga Upaya Membangun Karakter Siswa. Jambi Pos, Sabtu 13 September 2008.

Irwan Prayitno. 2008. Refleksi Pembangunan Pemuda dan Olahraga Indonesia

Stefan Sikone. 2006. Pembentukan Karakter Dalam sekolah. Pos Kupang, Kolom Opini. Jumat, 12 Mei 2006.

Menpora. 2005. Undang-Undang Republik Indonesia No. 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional. Kementrian Negara Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ