Sosialisasi Massage Cedera Olahraga Di Pamulang Woodball Club (PWbC) Tangerang Selatan

Alfiyansyah Fauzi, Genta Arya Danuarta, M. Hisyam Safaat, Ika Yulianingsih

Abstract


Olahraga woodball merupakan olahraga yang rutin dan menjadi olahraga utama yang dilaksanakan di Pamulang Woodball Club (PWbC) Tangerang Selatan. Mayoritas anggota yang tergabung dalam PWbC adalah mereka yang berada pada rentan usia 45-50 tahun ke atas, yang beberapa dari mereka merupakan pensiunan. Disamping anggota yang merupakan masyarakat tua, PWbC juga menampung beberapa anak muda yang akan dikader menjadi atlet woodball. Pada saat pelaksanaan rutinitas olahraga, ada potensi para pemain terkena cedera saat berolahraga. Maka dari itu, massage cedera olahraga perlu disosialisasikan sebagai bahan informasi dan bantuan bagi para pegiat olahraga woodball untuk dapat mengantisipasi terjadinya cedera berlanjut saat berolahraga. Massage cedera olahraga diterapkan untuk cedera di beberapa area tubuh, seperti otot bahu, punggung, sendi-sendi tangan dan kaki, pinggang dan lain sebagainya. Hal fundamental yang diterapkan pada massage cedera olahraga adalah dengan melakukan teknik manipulasi otot-otot yang sedang terkena cedera.


Full Text:

PDF

References


Nirwana Dewi Harahap et All, “PKM : Menumbuhkan Jiwa Nasionalisme Pada Generasi Muda " Jurnal PKM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol. 02, no. 02 (2023), h. 129.

Rusi Rusmiati Aliyyah et al., “Kuliah Kerja Nyata : Pengabdian Kepada Masyarakat,” JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) 5, no. 2 (2021).

Sayyid Muhammad Murtadho et al., “Sosialisasi Penanganan Dan Pencegahan Cedera Dalam Olahraga,” An-Nizam 2, no. 1 (2023), h. 88.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ