Tata Kelola Organisasi Berbasis Teknologi Informasi Di Lingkungan Pimpinan Wilayah 'Aisyiyah DKI Jakarta

Mutmainah Mutmainah, Tri Yuni Hendrawati, Yana Adharani, Rigel Aldian, Ummul Habibah Hasyim, Triana Srisantyorini

Abstract


‘Aisyiyah merupakan organisasi perempuan Muhammadiyah yang memiliki banyak kader, amal usaha dan asset yang tersebar di berbagai wilayah. ‘Aisyiyah juga melaksanakan berbagai kegiatan di masyakarat yang berfokus pada pemberdayaan perempuan, baik dalam bidang pendidikan, ekonomi, hukum, kesehatan, tabligh, penelitian dan pengembangan, serta bidang lainnya. Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah (PWA) DKI Jakarta memiliki lima Pimpinan Daerah (PDA) dimana setiap PDA membawahi   Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah (PCA) dan Pimpinan Ranting ‘Aisyiyah (PRA). Banyaknya cabang, ranting, kader, amal usaha, asset, serta dokumen ‘Aisyiyah mengakibatkan pentingnya penata kelolaan organisasi berbasis teknologi informasi. Dalam pengabdian masyarakat ini daksanakan edukasi mengenai organisasi berbasis teknologi informasi dan sosialisasi sistem informasi PWA DKI Jakarta dalam bentuk seminar. Seminar dihadiri oleh perwakilan PWA, PDA dan PCA di wilayah DKI Jakarta. Penggunaan sistem informasi PWA DKI Jakarta menunjang penerapan tata kelola organisasi berbasis teknologi informasi di lingkungan PWA DKI Jakarta karena dilengkapi dengan berbagai fitur tata kelola, seperti pemantauan program kerja, e-surat, dan basis data organisasi. Tantangan dalam pelaksanaan tata kelola organisasi berbasis teknologi informasi adalah masih terdapat kader yang mengalami kendala dalam penggunaan teknologi informasi, sehingga perlu dilakukan pelatihan dan pengembanan lebih lanjut mengenai penggunaan sistem informasi PWA DKI Jakarta.


Full Text:

PDF

References


Aldian, R. (2023). Pengembangan Sistem Informasi Aisyiyah DKI Jakarta. Jakarta: Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Ariesgo, M. R., Adharani, Y., Meilina, P., Rosanti, N., & Latifah, R. (2022). Pengembangan Sistem Informasi dan Basis Data Pimpinan Wilayah 'Aisyiyah DKI Jakarta. Seminar Nasional Sains dan Teknologi (pp. 1-6). Jakarta: Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Meilina, P., Latifah, R., Adharani, Y., Rosanti, N., & Sadiyah, R. (2023). Pengisian Data dan Sosialisasi Penggunaan Sistem Informasi Pimpinan Wilayah Aisyiyah DKI Jakarta. Seminar Nasional Masyarakat Tangguh, 2 No. 1, pp. 31-44. Retrieved from https://ocs.unism.ac.id/index.php/semnaspkm/article/view/1006/350

Mukhsin. (2020). Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi Menerapkan SIstem Informasi Desa Dalam Publikasi Informasi Desa di Era Globalisasi. Jurnal Teknologi dan Rekayasa Sistem Komputer, 3 No. 1, 7 - 15.

Putri, N. I., Fudsyi, M. I., Komalasari, R., & Munawar, Z. (2021, Juli). Peran Teknologi Informasi Pada Perubahan Organisasi dan Fungsi Akuntansi Manajemen. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, 7 No. 2, 47-58.

Sa'diyah, R., Adharani, Y., Shofiyah, S., & Meidina, A. (2022). Aisyiyah DKI Jakarta (Sejarah dan Kilas Balik). Jurnal Emanasi, 5 No. 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ