Pemberdayaan Ekonomi melalui Pengelolaan SDM Unggul Literasi Keuangan Syariah dan Ekspor Pada Pelaku Usaha Ekonomi Kreatif Di Kecamatan Ciputat Timur Tanggerang Selatan

Diana Hasan, Rini Fatma Kartika, Luqman Hakim, Hendi Prihanto, Mitsalina Tantri, Muhamad Daffa Amrullah, Athallah Raja Fajari

Abstract


Pengabdian Masyarakat dan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini memiliki tujuan untuk agar Dosen dan Mahasiswa berkolaborasi untuk turut  membantu peranan pemerintah dalam Upaya mengembangkan pembinaan pelaku usaha ekonomi kreatif melalui pengelolaan SDM Unggul. Metode yang digunakan  yaitu survei, wawancara, penyuluhan materi, dokumentasi, diskusi permasalahan serta kepustakaan. Hasil pengadian Masyarakat dan KKN ini menunjukkan bahwa implementasi ekonomi kreatif di wilayah Kota Tangerang Selatan sudah berjalan tetapi masih harus terus ditingkatkan dalam mendukung pelaku ekonomi kreatif di wilayah Kota Tangerang Selatan. Pembinaan yang diberikan adalah pembekalan materi Pengelolaan SDM Unggul, literasi Keuangan dan hingga peluang Ekspor baik bagi para pengusaha pemula maupun yang sudah berjalan. Dari pengabdian masyarakat ini yang masih harus dilakukan berkelanjutan untuk lebih meningkatkan kompetensi dan pengetahuan para pelaku ekonomi kreatif.


Full Text:

PDF

References


Diana, D., & Sunarti, S. (2019). PEMBINAAN PELAKU USAHA KREATIF DAN PENGRAJIN KECAMATAN CIPUTAT TIMUR TANGERANG SELATAN. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ.

Eka, D, dkk. (2022). Peranan Kompetensi SDM dalam Meningkatkan Industri UMKM di Kecamatan Ilir Barat II Palembang. Journal of Sriwijaya Community Services, 3(1). Retrieved fromhttps://media.neliti.com/media/pub lications/537157-none-61dce982.pdf.

Chaerani, D., Talytha, M. N., Perdana, T., Rusyaman, E., & Gusriani, N. (2020). Pemetaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Pada Masa Pandemi Covid-19 Menggunakan Analisis Media Sosial Dalam Upaya Peningkatan Pendapatan. Dharmakarya, 9(4), 275–282.

Diana, D., Hakim, L., & Fahmi, M. (2022). ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA UMKM DI TANGERANG SELATAN. Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, 3(2), 67–74.

Djuwita, D., & Yusuf, A. A. (2018). Tingkat literasi keuangan syariah di kalangan UMKM dan dampaknya terhadap perkembangan usaha. Al-Amwal: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syari’ah, 10(1), 105–127.

HANGGRAENI, D., & SINAMO, T. (2021). Quality of Entrepreneurship and Micro-, Small-and Medium-sized Enterprises’(MSMEs) Financial Performance in Indonesia. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(4), 897–907.

Suindari, N. M., & Juniariani, N. M. R. (2020). Pengelolaan keuangan, kompetensi sumber daya manusia dan strategi pemasaran dalam mengukur kinerja usaha mikro kecil menengah (UMKM). KRISNA: Kumpulan Riset Akuntansi, 11(2), 148–154.

Yunaz, H., Bachri, S., Oktaviani, N. F., Nugroho, L., Septiadi, D., Rachmat, Z., & Tribudhi, D. A. (2022). Ekonomi Kreatif. Get Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ