Upaya Pencegahan Tuberkulosis Pada Lanjut Usia Melalui Program Senam Pernafasan Pada Lansia di Panti Sosial Tresna Werdha Budi Mulia 1 Cipayung

Farsida Farsida, Ilham Zidan Nugraha, Ilmi Nathania Syafitri, Kania Nurzahra, Kemalasari Nas Darisan, Dadang Hardiansyah, Ninuk Permata Sari, Cyntya Harlyana

Abstract


Tuberkulosis merupakan suatu penyakit yang banyak menyebabkan kematian didunia penyakit ini disebabkan oleh bakteri mycobacterium tuberculosis yang menular melalui percikan dari bersin, batuk maupun berbicara atau biasa disebut dengan droplet. Lansia termasuk kedalam golongan rentan dikarenakn terdapatnya perubahan fisik yang cukup terlihat dan apabila tidak mendapatkan perhatian secara khusus akan berdampak cukup serius maka dari itu lansia diharuskan untuk mendapatkan perhatian yang khusus dari beberapa pihak terkhusus dari anak dan cucunya. Hal ini menyebabkan lansia memiliki kemungkinan berisiko terkena tuberkulosis. Pencegahan penyakit ini dapat dengan melaksanakan pola hidup hal ini juga dapat menjadikan lansia yang bugar dan tetap produktif dengan melakukan aktivitas fisik yang ringan. Senam pernapasan merupakan olahraga yang melatih pernapasan dan relaksasi dengan dilakukan secara lembut dan halus. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu memperagakan senam pernapasan secara langsung.


Full Text:

PDF

References


Al Amin, M. and Juniati, D. (2017) ‘Klasifikasi Kelompok Umur Manusia Berdasarkan Analisis Dimensi’, Jurnal Ilmiah Matematika, 2(6), pp. 1–10.

Dwi Pangestuti, S. (2015) ‘Pengaruh Diaphragmatic Breathing Exercise terhadap Fungsi Pernapasan (RR dan APE) pada Lansia di UPT PSLU Kabupaten Jember (The Effect of Diaphragmatic Breathing Exercise on Respiration Function (RR and PEFR) in Elderly at UPT PSLU Jember Regency)’, e-Jurnal Pustaka Kesehatan, 3(1), pp. 74–81.

Kemenkes RI (2019) ‘pedoman nasional pelayanan kedokteran tata laksana tuberkulosis’, Kementrian Kesehatan RI, pp. 1–139.

Kuniano, D. (2015) ‘Menjaga Kesehatan di Usia Lanjut’, Jurnal Olahraga Prestasi, 11(2), pp. 19–30.

Nugroho, R. A. (2011) ‘Studi Kualitatif Faktor Yang Melatarbelakangi Drop Out Pengobatan Tuberkulosis Paru’, Jurnal Kesehatan Masyarakat, 7(1), pp. 83–90.

Pramasari, D. (2019) ‘Asuhan Keperawatan Pada Pasien Tuberculosis Paru Di Ruang Seruni Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Wahab Sjahranie Samarinda’, Repository poltekkes kaltim, (Dita P. (2019). Asuhan keperawatan pada pasien tuberculosis paru di ruang seruni rumah sakit umum daerah abdul wahab sjahranie samarinda. Repository Poltekkes Kaltim, 142. http://repository.poltekkes-kaltim.ac.id/285/1/Untitled.pdf), p. 142. Available at: http://repository.poltekkes-kaltim.ac.id/285/1/Untitled.pdf.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ