Pelatihan Dan Pendidikan Politik Bagi Perempuan Perkotaan Menyongsong Pemilu 2024

Lusi Andriyani, Endang Sulastri, Tria Patrianti, Tria Astika Endah Permatasari, Meri Prasetyawati

Abstract


Pelaksanaan pemilihan umum tahun 2024 mendorong masyarakat untuk lebih aktif dan memahami calon legislatif dan juga calon presiden dan wakil presiden dengan lebih baik. Kondisi ini memberikan peluang bagi perempuan untuk hadir memberikan suara dalam menentukan pemimpin bangsa yang berkualitas. Jumlah perempuan yang benyak, merupakan peluang strategis untum menentukan pemimpin yang mampu membawa bangsa menjadi lebih baik lagi. Salah satu posisi strategis dimiliki oleh perempuan yang berada di wilayah perkotaan. Tujuan pendidikan dan pelatihan, supaya perempuan perkotaan mengambil peran strategis sebagai subjek dengan memiliki pemahaman yang bagus dalam menyongsong pemilu tahun 2024 untuk mewujudkan demokrasi yang bermartabat. Metode yang dilaksanakan dalam kegiatan ini adalah dialog interaktif dengan narasumber dan diskusi kecil. Hasil yang diperoleh dalam kegiatan ini didapatkan bahwa peserta antusias untuk berdialog terkait isu perempuan dan pemilu, sehingga diperoleh pemahaman yang bagus terkait peran perampuan khususnya perempuan di DKI Jakarta dalam menyiapkan diri menyongsong Pemilu tahun 2024 untuk demokrasi yang bermartabat.


Full Text:

PDF

References


Andriyani, L. (2016). Politik Perkotaan di Surabaya pada Kepemimpinan Tri Rismaharini Tahun 2010-2015: Studi Kasus Revitalisasi Kampung Dolly.

Aceh, P. D. I. (2021). KETERWAKILAN PEREMPUAN DALAM LEMBAGA POLITIK DI ACEH (Studi Kasus: Keberadaan Anggota Legislatif Perempuan Di Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) Pada Tahun 2019-2024).

BPS. (2014). Keterlibatan Perempuan Di Parlemen. Artikel. Diambil dari https://www.bps.go.id/indicator/40/464/5/keterlibatan-perempuan-di-parlemen.html, diakses pada tahun 2014

Hadiyono, V. (2015). Memaknai Perempuan Dalam Kursi Parlemen. Kisi Hukum, 14(1), 7–25. Diambil dari http://journal.unika.ac.id/index.php/kh/article/view/456

Prof. Dr. Ma’mun Murod., M. S. (2023). Isu Strategis dan Sikap Muhammadiyah.

Statistik, B. P. (2021). Jumlah Penduduk Provinsi DKI Jakarta Menurut Kelompok Umur dan Jenis Kelamin. … Dki-Jakarta-Menurut-Kelompok-Umur-Dan-Jenis-Kelamin ….

UNDP. (2010). Partisipasi Perempuan dalam Politik dan Pemerintah. http.www.kpu.go,id

Ramadhani, M. M., Hartati, A., Jiwantara, F. A., Amane, A. P. O., Muharam, R. S., Bagenda, C., ... & Lopulalan, J. E. (2022). Pengantar Ilmu Politik.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ