PENINGKATAN MINAT BACA PESERTA DIDIK DENGAN MEDIA POJOK LITERSI DI KAMPUNG BOJONGSARI DESA SUKALUYU CIANJUR

Muhammad Aghnan Adhil, Alfaridzi Setiawan

Abstract


Tingkat budaya literasi masyarakat Indonesia tergolong rendah dibandingkan dengan negara lain. Ada banyak faktor yang menjadi penyebab rendahnya budaya literasi peserta didik, salah satunya yaitu minimnya fasilitas perpustakaan. Pojok literasi merupakan gerakan yang dilakukan sekolah untuk meningkatkan minat baca siswa. Pojok literasi memberikan siswa untuk mengakses bacaan-bacaan dari berbagai genre melalui pojok literasi yang dibuat MI Darul Arqom. Dengan begitu frekuensi siswa untuk membaca akan lebih banyak. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dari para siswa untuk dalam hal membaca. Metode yang dilakukan yaitu metode deskriptif kualitatif, pemilihan metode difokuskan pada permasalahan atas dasar fakta yang dilakukan dengan pengamatan/observasi, wawancara, dan mepelajari dokumen-dokumen. Serta beberapa sumber mengatakan bahwa Pendekatan kualitatif memfokuskan telaahnya pada makna-makna subyektif yang kemudian di olah lalu realisasikan. Hasil program pojok literasi ini yaitu 26 siswa yang kita wawancara masih ada 15 siswa yang masih minim sekali untuk membaca, angka ini sangat cukup mengawatirkan karena pada dasarnya membaca adalah sebuah dasar dalam memahami sebuah pengetahuan.


Full Text:

PDF

References


Harianto E. “Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa.” J Didakt [Internet]. 2020;9(1):2. Available from: https://jurnaldidaktika.org/

Arum Nisma Wulanjani, Candradewi Wahyu Anggraeni. Meningkatkan Minat Membaca melalui Gerakan Literasi Membaca bagi Siswa Sekolah Dasar. Proceeding Biol Educ. 2019;3(1):26–31.

Zakaria. Implementasi Program Pojok Literasi di SDN Karang Tengah 7 Kota Tangerang. Dirasah J Stud Ilmu dan Manaj Pendidik Islam. 2019;2:1–10.

Jurnal P, Dan M, Membaca B. Guru SMP Negeri 3 Lubuk Pakam, Deli Serdang, Sumatera Utara 82 Meningkatkan Minat Baca Siswa SMP Negeri 3 Lubuk Pakam Melalui Pembuatan Jurnal …. 2018;2(2):82–7.

Dafit F, Mustika D, Melihayatri N. Pengaruh Program Pojok Literasi Terhadap Minat Baca Mahasiswa. J Basicedu. 2020;4(1):117–30.

Solahudin D dkk. Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Minat Baca pada Siswa Kelas 5 SD Negeri 4 Tanjung Lago. J Pendidik dan Konseling [Internet]. 2022;4(4):1404–9. Available from: https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf

Ni Luh Rini Puspita, Putri Almaidah, Witnansih Rahmatya Tanaiyo, Roswita A Dunggio, Abdul Rahmat, Isnanto Isnanto. Pojok Literasi Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas Iii Mi Almourky. J Sos Hum dan Pendidik. 2022;1(3):101–4.

Hidayatulloh P, Solihatul A, Setyo E, Fanantya RH, Arum SM, Istiqomah RTUN, et al. Peningkatan Budaya Literasi melalui Kegiatan Pojok Baca di SD Muhammadiyah Plus Malangjiwan Colomadu. Bul Literasi Budaya Sekol. 2019;1(1):6–11.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ