PEMBERDAYAAN GURU PAUD DALAM PENDIDIKAN KESEHATAN MENTAL DI IGABA DKI JAKARTA TAHUN 2023

Rohimi Zamzam, Munifah Bahfen, Ati Kusmawati, Ceria Hermina

Abstract


Kondisi yang dialami para guru PAUD tidak mudah dengan segala upaya untuk memposisikan diri sebagai individual dan profesi sebagai guru khususnya kesehatan mental.Proses edukasi dengan tajuk pemberdayaan Guru PAUD Pendidikan Kesehatan Mental di IGABA DKI Jakarta, merupakan salah satu proses menguatkan kesehatan mentalguru yang sehat.  Urgensi keutaman pengabdian masyarakat  adalah melakukan pemberdayaan kesehatan mental pada guru anak usia dini, yang ada di lingkungan Guru PAUD di IGABA DKI Jakarta, yang dilaksanakan di Pusdiklat PKU Muhammadiyah Jakarta Pusat. Metode pelaksanaan kegiatan  yaitu dengan pelatihan Pendidikan Kasehatan Mental  pada Guru PAUD. Upaya efektif dilakukan dalam menguatkan kesehatan mental guru sebagai pondasi dalam mengembangan aspek perkembangan anak salah satunya sosial emosinal Anak Usia Dini diperlukan upaya promosi, dalam rangka penguatan kesehatan mental guru sedini mungkin untuk prosespembelajaran yang maksimal.


Full Text:

PDF

References


Cahyani, Izdihar Syifa. (2022). Strategi Guru Dalam Menjaga Kesehatan Mental Anak Usia 3-4 Tahun Selama Pembelajaran Tatap Muka Di KB Jaya Lestari Kelurahan Kalinyamat Wetan Kota Tegal. Skripsi. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. Semarang.

Fadli, Dr. Rizal. (2022). Sering Diabaikan, Ini Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Anak. https://www.halodoc.com/artikel/sering-diabaikan-ini-pentingnya-menjaga-kesehatan-mental-anak. (diakses pada tanggal 26 September 2023).

Elizabeth B. Hurlock, (1980)Psikologi Perkembangan : Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan.Terj. Istiwidayanti dan Soedjarwo, Edisi Lima, Jakarta. Erlangga

Eko Yulianto (2018), Psikologi Kesehatan Mental Perilaku Sehat Mental dalam Masyarakat, SIP Publishing, Jawa Tengah.

Nurrady, C.N.,Nurlita.,& Daviq.C. (2022). Hubungan Kesehatan Mental dengan Kinerja Guru PAUD di Kecamatan Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir. Jurnal Pendidikan dan Konseling. Vol. 4, No.5.

Renatha Swasty, Kesehatan Mental Guru Akan Tentukan Kualitas Pendidikan Artikel https://www.medcom.id/pendidikan/cerita-guru/nN9yjAEN-kesehatan-mental-guru-akan-tentukan-kualitas-pendidikan, 28 November 2022

Suminar, D.R.,& Hamidah. (2021). Membangun Kesehatan Mental Anak Usia Dini dengan Pengasuhan Positif. Indonesia Berdaya: Journal of Community Engagement. Vol.2, No.1.

Wardhani, Rr. Dina Kusuma. (2017). Peran Kesehatan Mental Bagi Guru Dalam Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA.

Zakiyah Daradjat, (1984), Keseatan mental dan peranannya dalam pendidkkan dan pengajaran, Jakarta IAIN Syarif Hidayatullah.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ