EKSPLORASI POTENSI PARIWISATA DI KAMPUNG NELAYAN TANJUNG PASIR

Shafa Armelia Ibrahim, Fatur Rahman, Yeptadian Sari

Abstract


Kampung Nelayan Tanjung Pasir merupakan suatu wilayah pesisir yang kaya akan budaya nelayan dan keindahan alam. Sebuah tim mahasiswa KKN dari Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) yang tergabung dalam program tahun 2023 memutuskan untuk menjalankan rangkaian kegiatan di desa ini. Tujuan dari program KKN ini adalah untuk mengidentifikasi potensi-potensi pariwisata yang dapat dikembangkan di kampung ini guna meningkatkan perekonomian lokal dan mempromosikan warisan budaya serta keindahan alam yang dimiliki. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan program KKN ini meliputi studi lapangan, pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan survei kepada masyarakat setempat. Hasil dari program KKN ini diharapkan berupa rekomendasi strategis untuk mengembangkan pariwisata di Kampung Nelayan Tanjung Pasir. Dengan mengoptimalkan potensi pariwisata, diharapkan kampung ini dapat menjadi destinasi yang menarik bagi wisatawan, berkontribusi pada pendapatan masyarakat lokal, dan melestarikan identitas budaya serta lingkungan alam.

Full Text:

PDF

References


Mahadi, K., & Indrawati, F. (2010). Arahan Pengembangan Obyek Wisata Pantai Tanjung Pasir Kabupaten Tangerang. Jurnal PLANESA.

Sakhid, M., dkk. (2017). Strategi Pengembangan Kawasan Pantai Tanjung Pasir Secara Terintegrasi dan Berkelanjutan( Dengan Pendekatan Konsep Arsitektur Waterfront-Frank Lloyd Wright). Jurnal Arsitektur PURWARUPA.

Santoso, H., dkk. (2022). KKN Melayu Serumpun 2022: Menggali Potensi Mesjid BaitussalamNyak Sandang Menjadi Destinasi Wisata Religi di Aceh. ICON-UCE.

Teniro, A., dkk. (2022). Pengembangan Objek WIsata atau Perukomen: Partisipasi Kuliah Kerja Nyata-Tamatik Mahasiswa. Jurnal JPPMI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ