PAPAN TANDA SEBAGAI PENANDA LOKASI DALAM PENINGKATAN BRANDING “KULINER KALI SADANG”, PERUMAHAN DUTA MEKAR ASRI, DESA CILEUNGSI KIDUL, KABUPATEN BOGOR, JAWA BARAT.

Wildan Gumelar Mahardika, Yohana Dea Rachela, Suhaimi Athallah, Ashadi Ashadi

Abstract


Kegiatan Kuliah Kerja Nyata ini berupa ide dan desain program kerja Pengembangan Pusat Kuliner kali sadang di Lingkungan RW 15 Perumahan Duta Mekar Asri, Desa Cileungsi Kidul, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat yang dirancang dan telah dilaksanakan yaitu mengenai peningkatan penjualan food court kuliner kali sadang dengan melakukan penataan ulang atau redesain layout tempat duduk pengunjung agar terlihat lebih rapi, menarik, serta meningkatkan kualitas estetika nya. Kegiatan ini dilatar belakangi adanya permasalahan kurang awasnya masyarakat sekitar terhadap adanya lokasi “Kuliner Kali Sadang” yang menyebabkan menurunnya minat dan efektifitas penggunaan tempat yang telah disediakan serta menurunnya perekonomian di lokasi sentra kuliner tersebut. Kegiatan KKN ini berkaitan dengan penyampaian ide pengadaan Papan Tanda di lokasi “Kuliner Kali Sadang” dalam upaya peningkatan branding dari lokasi sentra kuliner tersebut. Perencanaan program ini adalah usulan ide/gagasan dalam hal ini berupa ide penataan ulang atau redesain layout tempat duduk pengunjung di lokasi “Kuliner Kali Sadang”. Layout bermakna tata letak, sedangkan menurut istilah Layout berarti kegiatan menyusun, menata, mengatur, dan mengombinasikan unsur-unsur komunikasi grafis meliputi, teks, gambar, bidang, dan elemen desain menjadi tampilan visual yang estetis, menarik, dan persuasif. Dapat ditarik pengertian bahwa, Layout adalah susunan tata letak yang mengatur penempatan elemen desain pada sebuah media atau halaman untuk mencapai konsep yang terarah. Kegiatan ini sebagai sarana untuk mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang telah didapat mahasiswa dari pembelajarannya di Universitas Muhammadiyah Jakarta, hal ini merupakan wujud nyata pengalaman yang bermakna bagi mahasiswa dalam kehidupan terjun secara langsung ke masyarakat.


Full Text:

PDF

References


Syardiansah. (2017). Peranan Kulah Kerja Nyata Sebagai Bagian dari Pengembangan Kompetensi Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Samudra KKN Tahun 2017).

Joesyiana K. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Observasi Lapangan (Outdoor Study) Pada Mata Kuliah Manajemen Operasional (Survey pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Semester III Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Persada Bunda).

Pertiwi R., Damayanti I. (2020). Kajian Estetika Warna Papan Tanda Informasi Pada Restoran Tuttonero Di Jakarta Barat.

S. Ndruru, (2022). “Peningkatan Keterampilan Menyimak Kegiatan Wawancara Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Siswa”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 1, halaman 493-497

Pengertian Layout Desain, Prinsip, Elemen, Tujuan dan Manfaat Layout (dianisa.com)

Risthia Eriana, P. (2019). Pengaruh Perancangan Ulang Tata Letak Fasilitas Di Area Operasional Kerja Berbasis 5S.

Pujantara Ruly. (2014). Karakteristik Ruang Pada Rancangan Arsitektur Dengan Konsep Superimposisi Dan Hibrid Dalam Teori Function Follow Form.

Hatta Musthafa A. P. (2023). Implementasi Penataan Layout Ruang dan Kawasan Pada Redesain Bangunan Pemerintah.

Diakses pada 23 Agustus 2023, website : Layout Adalah Desain Tata Letak, Ketahui Manfaat dan Elemen-Elemennya - Hot Liputan6.com


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ