MOTIVASI BELAJAR AGAMA ISLAM PADA YATIM DI MASJID JAMI ATUN SOLIHIN JOHAR BARU, JAKARTA PUSAT

Authors

  • Wildan Muttaqin Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Muhammad Amaral Fiscal Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Muhammad Fachri Fahlevi Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Dimas Fahmi Rianto Jurusan Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstract

KKN (Kuliah Kerja Nyata) merupakan suatu program yang di selenggarakan oleh Universitas Muhammadiyah Jakarta sebagai bentuk implementasi teologi al-ma’un menuju mahasiswa peduli dan berkemajuan sehingga dapat terlaksananya program KKN ini sesuai dengan lokasi tempat yang sudah ditentukan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Program motivasi belajar agama Islam pada anak yatim yang menghadiri Masjid Jami'atun Solihin di Johar Baru. Tema ini ditemukan relevan karena masjid sering berfungsi sebagai pusat keagamaan dan pendidikan bagi anak-anak yang kurang beruntung. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk memahami faktor-faktor yang memengaruhi motivasi belajar agama Islam pada anak yatim, serta peran masjid dan guru agama Islam. asil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar agama Islam pada anak yatim dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk dukungan sosial dari komunitas masjid, kebutuhan akan pemahaman agama, dan harapan untuk mendapatkan kenyamanan emosional melalui agama.

Author Biographies

Wildan Muttaqin, Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Muhammad Amaral Fiscal, Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Muhammad Fachri Fahlevi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Dimas Fahmi Rianto, Jurusan Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Jurusan Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

References

Azizah, N., & Kurniawati, Y. (2013). Tingkat Keterampilan Berbicara Ditinjau Dari Metode Bermain Peran Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, 2(2), 50–57.

Gogik, B. (2023). Belajar sambil bermain dalam meningkatkan psikomotorik anak tk di sekolah maitreyawira. 10(1), 149–159.

Ishak, A. P., Afifah, R. N., & Kamelia, S. Q. (2021). Strategi Belajar Sambil Bermain Sebagai Metode Pembelajaran Terhadap Anak pada Masa Pandemi di Desa Leuwigoong. Procedings UIN SUNAN GUNUNG DJATI Bandung, 1(87), 138–145.

Kurniati, K. N., & Watini, S. (2022). Implementasi Metode Bernyanyi Asyik Dalam Meningkatkan Semangat Belajar Anak Di Raudhatul Athfal Al Islam Petalabumi. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1873. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.1873-1892.2022

Zaini, A. (2019). Bermain sebagai Metode Pembelajaran bagi Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 3(1), 118. https://doi.org/10.21043/thufula.v3i1.4656

Downloads

Published

2023-10-26