Mengajar ngaji, Mengajar sosiologi, Bertani dan bertenak, dan edukasi komputer di Desa Santri Muhammadiyah

Authors

  • Taufiqurokhman Taufiqurokhman Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Muhammad Salik Sabilal Haq Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Muhammad Firmansyah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstract

Peningkatan keilmuan santri mengajar ngaji, mempelajari ilmu sosiologi, bertenak dan mengedukasikan komputer. Ilmu sosiologi ini sangat diperlukan santri,bukan hanya itu kami juga bertenak pada sore hari lalu di lanjutkan dengan belajar komputer. Metode yang dilakukan dalam kegiatan ini yaitu dengan melakukan kami mengajar ngaji ,mengajarkan Pelajaran sosiologi dan bertenak juga bukan hanya itu kita juga kasih Pelajaran tentang komputer. Hubungan keempat program ini tentunya ada saling keterkaitan yaitu mengajar ngaji lalu kita kasih Pelajaran sosiologi dan kita langsung turun kelapangan tentang bertenak setelah program bertenak selesai langsung kami edukasi tentang komputer tentang canva yang bertujuan dengan supaya anak santri bisa memiliki ilmu lebih luas bukan hanya tentang hafalan Al-Quran. Dari kegiatan keempat program ini tentunya sangat berpengaruh terhadap desa santri dan tentunya juga santri, santri mendapatkan pengetahuan baru terkait ilmu sosiologi dan komputer.

Author Biographies

Taufiqurokhman Taufiqurokhman, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta

Muhammad Salik Sabilal Haq, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta

Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta

Muhammad Firmansyah, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta

Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakart

References

Insriani, H. 2011. Pembelajaran Sosiologi Yang Menggugah Minat Siswa. Jurnal Komunitas. 3(1): 108-125

Muhammad Ali dan Muhammad Asrori, Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta Didik (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2006), h. 41.

Crain, William. 2007. Teori Perkembangan: Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali Pers, 2011.

Downloads

Published

2023-10-26