Mengajar ngaji, Mengajar sosiologi, Bertani dan bertenak, dan edukasi komputer di Desa Santri Muhammadiyah

Taufiqurokhman Taufiqurokhman, Muhammad Salik Sabilal Haq, Muhammad Firmansyah

Abstract


Peningkatan keilmuan santri mengajar ngaji, mempelajari ilmu sosiologi, bertenak dan mengedukasikan komputer. Ilmu sosiologi ini sangat diperlukan santri,bukan hanya itu kami juga bertenak pada sore hari lalu di lanjutkan dengan belajar komputer. Metode yang dilakukan dalam kegiatan ini yaitu dengan melakukan kami mengajar ngaji ,mengajarkan Pelajaran sosiologi dan bertenak juga bukan hanya itu kita juga kasih Pelajaran tentang komputer. Hubungan keempat program ini tentunya ada saling keterkaitan yaitu mengajar ngaji lalu kita kasih Pelajaran sosiologi dan kita langsung turun kelapangan tentang bertenak setelah program bertenak selesai langsung kami edukasi tentang komputer tentang canva yang bertujuan dengan supaya anak santri bisa memiliki ilmu lebih luas bukan hanya tentang hafalan Al-Quran. Dari kegiatan keempat program ini tentunya sangat berpengaruh terhadap desa santri dan tentunya juga santri, santri mendapatkan pengetahuan baru terkait ilmu sosiologi dan komputer.


Full Text:

PDF

References


Insriani, H. 2011. Pembelajaran Sosiologi Yang Menggugah Minat Siswa. Jurnal Komunitas. 3(1): 108-125

Muhammad Ali dan Muhammad Asrori, Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta Didik (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2006), h. 41.

Crain, William. 2007. Teori Perkembangan: Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali Pers, 2011.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ