PENGAJARAN BACA TULIS QUR’AN DAN LOMBA TAHFIZD DI TPA MATAHARI POCIS

Putri Roro Pangesti, Ririn Widyasari, Fatin Najla Fatihi, Rendy Maulana

Abstract


Kondisi saat ini pada generasi anak-anak dan remaja kurang mendapatkan pengajaran pendidikan agama dan baca tulis qur’an sehingga anak-anak belum dapat membaca Al-Qur’an dan ketika beranjak dewasa mereka belum lancar dalam membaca Al-Qur’an, hal ini dikarenakan anak-anak lebih menyukai bermain ponsel daripada belajar membaca Al-Qur’an. Tujuan dalam pengabdian ini adalah menyuguhkan pembahasan mengenai pentingnya penanaman Pendidikan agama islam melalui pengajaran kitab suci Al-qur’an, guna mencerdaskan generasi bangsa yang dalam hal ini meningkatkan Pendidikan agama dengan cara mengenalkan alqur’an, mempelajari alqur’an dan menghafalkannya. Selain itu kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui tingkat Pendidikan agama terhadap anak-anak di TPA Matahari Pocis, Babakan Pocis, Tanggerang Selatan.  Lokasi ini dipilih karena merupakan daerah padat penduduk mayoritas usia muda dan anak-anak dengan mobilitas tinggi serta kurangnya ketersedian guru. Kegiatan berlangsung pada 07 sampai dengan 20 Agustus 2023 dimulai dari perizinan Rt dan Rw, pengajaran baca tulis quran, perlombaan tahfizd, pengumuman pemenang serta pemberian hadiah untuk peserta lomba tahfizd. Diikuti oleh 20 peserta pengajaran baca tulis quran dan 7 peserta lomba Tahfizd qur’an. Para peserta berusia 4-12 tahun yang sangat antusias mengikuti rutinitas kegiatan ini. 


References


Joesyiana, Kiki. (2018). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN OBSERVASI LAPANGAN (OUTDOR STUDY) PADA MATA KULIAH MANAJEMEN OPERASIONAL (Survey pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Semester III Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Persada Bunda), 6(2), P- ISSN: 2337-652x. E-ISSN: 2598-3253. Hal. 94-95

Shobirin, Muhammad. (2018). Pembelajaran Tahfizd Al-Qur'an dalam Penanaman Karakter Islami. 6(1). hal. 17

Ni'matuzahroh dan Susanti, Prasetyaningrum. (2018). OBSERVASI: TEORI DAN APLIKASI DALAM PSIKOLOGI. ISBN: 978-979-796-357-6. Hal.32

Aziz, Mursal. (2020). METODE PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR'AN: Memaksinalkan Pendidikan Islam Melalui Al-Qur'an. Medan: CV. Pusdikara MJ Dhanu Nugroho Susanto. ISBN: 978-623-93007-2-2. Hal. 140

Al-Qththan, Manna dan Aunur Rafiq Al-Mazni. (2006). Pengantar Studi Ilmu Al-Qur'an. Jakarta Timur: Pustaka Al-Kautsar. ISBN: 978-979-592-646-7

Buhaiti, Akhmad dan Cutra Sari. (2021). MODUL PEMBELAJARAN AL-QUR'AN DENGAN METODE BISMILLAH (BACA-TULIS-TELA'AH) PAUDQU KEMENTRIAN AGAMA KOTA DEPOK. Serang: A-Empat. ISBN: 978-602-0846-89-7. Hal. 1

Marzuki dan Sun Choirol Ummah. (2020). DASAR-DASAR ILMU TAJWID. Yogyakarta: DIVA Press (Anggota IKAPI). Hal.28

Hafidz, Muhammad. (2018). IMLA APLIKATIF Tori dan Praktik Menulis Arab. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia. ISBN: 978-602-04-5624-9. Hal. 4


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ