MENGAJAR DAN MENGENALKAN MACAM CITA-CITA KEPADA ANAK-ANAK TK AISYIYAH 73 PCA TANJUNG PRIOK JAKARTA UTARA

Authors

  • Ridha Safitri Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Adinda Ratiza Diara Putri Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Mariah Huzaefah Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Erlina Rahmayuni Prodi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstract

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan model pengabdian masyarakat yang memfokuskan pada pemberdayaan keluarga dalam aspek pendidikan, kesehatan, kewirausahaan, dan lingkungan. KKN menempatkan mahasiswa tinggal bersama masyarakat dalam membentuk lembaga atau pengembangan masyarakat terutama lembaga kemasyarakatan yang telah ada. Melalui KKN ini mahasiswa bersama masyarakat membantu dan menggerakkan semua potensi yang ada demi kemajuan pendidikan anak-anak dilingkungan masyarakat. Tujuan program kerja KKN kami adalah untuk memberikan pengajaran dengan cara modern dan keterampilan dasar seperti mengasah kreativitas anak, bahasa Inggris, dan rasa nasionalisme sejak dini kepada anak-anak di Tanjung Priok khususnya murid-murid TK Aisyiyah 73. Target luaran yang diharapkan dari kegitan ini adalah 1) Murid Taman Kanak-Kanak Aisyiyah 73 bisa mulai memahami dasar bahasa inggris , 2) Murid Taman Kanak-Kanak Aisyiyah 73 dalam kreatif dalam kesenian, 3) Para Murid diharapkan bisa menumbuhkan rasa nasionalisme sejak dini. Hasil dari program kerja  yang telah dilaksanakan berupa program mengajar telah dijalankan  dan dapat diikuti oleh seluruh murid TK Aisyiyah 73 dan jajaran pendidik yang ikut terlibat dengan baik sesuai rencana.

Author Biographies

Ridha Safitri, Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Adinda Ratiza Diara Putri, Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Mariah Huzaefah, Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Erlina Rahmayuni, Prodi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Prodi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Jakarta

References

Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak The Importance Of Childhood Education For Child Development. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1).

Nurpatimah, A. (2022). Penanaman Sikap Nasionalisme Pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 4(1), 54-59.

Widaningsih, E. (2018). Pendidikan Karakter pada Taman Kanak Kanak Kenapa Tidak?. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2).

Syifa, Y. I., Wardani, M. K., Rakhmawati, S. D., & Dianastiti, F. E. (2021). Pelatihan UMKM melalui digital marketing untuk membantu pemasaran produk pada masa Covid-19. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1), 6-13.

Samsiah, S., Fionasari, D., Ramashar, W.,Lawita, N. F., Agustiawan., Putra, R. S., & Suriyanti, L. H. 2022. Penyusunan Laporan Keuangan Sekolah Taman Kanak-Kanak Berdasarkan Pendekatan ISAK 35. COMSEP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 87-95

Suyadi. (2014). Manajemen PAUD (TPA-KBTK/RA) Mendirikan, Mengelola, dan

Mengembangkan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Yogyakarta: PustakaPelajar

Ma’rifah, Muthmainnah. 2015. Metode Pembelajaran BCCT Dalam Mengembangkan Nilai Moral Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal PG–PAUD Trunojoyo., Vol. 2., No. 2., hlmn. 76–149

Downloads

Published

2023-10-26