PELATIHAN MEMBUAT PERANGKAT PEMBELAJARAN PAI PADA KMA 183 TAHUN 2019 BAGI MAHASISWA FAI UMJ

Authors

  • Fazlurrahman Al-Muthi Prodi Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Nur Zakiyah Ahmad Prodi Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Faran Widiansyah Prodi Komunikasi Penyiaran Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Siti Rohmah Prodi Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstract

Pada dasarnya pemanfaatan perangkat pembelajaran yang relevan di dalam kelas dapat mengoptimalkan proses pembelajaran. Bagi guru, perangkat pembelajaran membantu mengkonkritkan konsep atau gagasan dan membantu memotivasi peserta belajar aktif. Bagi siswa, perangkat pembelajaran dapat menjadi jembatan untuk berpikir kritis dan berbuat. Dengan demikian media dapat membantu tugas guru dan siswa untuk mencapai kompetensi dasar yang telah ditetapkan. Pelatihan membuat perangkat pembelajaran PAI KMA 183 tahun 2019 dilakukan pada tanggal 24 agustus 2023 pukul 08.00 WIB di Ruang 203 Fakutas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta. Diharapkan dengan adanya pelatihan ini para mahasiswa FAI UMJ nanti dapat mengaplikasikan untuk membuat Perangkat Pembelajaran PAI pada KMA 183 Tahun 2019 dengan baik dan dapat meningkatkan jiwa pengajar yang lebih baik dan lebih kreatif dalam mengajar nantinya.

Author Biographies

Fazlurrahman Al-Muthi, Prodi Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Prodi Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Nur Zakiyah Ahmad, Prodi Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Prodi Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Faran Widiansyah, Prodi Komunikasi Penyiaran Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Prodi Komunikasi Penyiaran Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Siti Rohmah, Prodi Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Prodi Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

References

Baiti, D. N., & Miftahuddin, M. (2022). Implementasi KMA No. 183 Tahun 2019 pada Pembelajaran PAI di MTs N Salatiga dan MTs NU Ungaran Kabupaten Semarang. Attractive: Innovative Education Journal, 4(3), 128-140.DOI: http://dx.doi.org/10.51278/aj.v4i3.440

Hidayatulloh, M. S., & Mardiyah, M. (2022). Studi Komparasi KMA No. 183 Tahun 2019 Dengan KMA No. 165 Tahun 2014 Tentang Pedoman Kurikulum 2013 Materi PAI dan Bahasa Arab. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 2(1), 16-24.DOI: https://doi.org/10.51878/cendekia.v2i1.836

Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). Manfaat media dalam pembelajaran. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1).DOI:http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1778

Wulandari, A., & Windarto, W. (2023). Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi Kurikulum PAI di Madrasah Ibtidaiyah (Analisis KMA Nomor 183 Tahun 2019 Tentang Kurikulum PAI dan Bahasa Arab). Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(2), 904-917. DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i2.2084

Downloads

Published

2023-10-26