Sosialisasi dan Sharing Parenting Tentang Perkembangan Anak Bersama Orang Tua Siswa/Siswi TK Aisyiyah 19

Syafira Balqis, Veni Nurhayati, Iqleema Nurjanah, Lela Arwati, Budiman Budiman

Abstract


Kuliah Kerja Nyata Merupakan proses pembelajaran mahasiswa melalui berbagai kegiatan langsung di masyarakat, dan mahasiswa berupaya untuk menjadi bagian dari masyarakat serta secara aktif dan kreatif terlibat dalam dinamika yang terjadi di masyarakat. Kuliah Kerja Nyata adalah salah satu wujud pengabdian mahasiswa perguruan tinggi kepada masyarakat melalui pelatihan, penyuluhan, pembimbingan, pendampingan dan untuk menyandarkan potensi yang dimiliki, serta membantu meningkatkan kualitas kemampuan mahasiswa. Taman Kanak-kanak (TK) Aisyiyah 19 merupakan salah satu mitra yang dituju dalam melaksanakan program Kerja Kelompok KKN PCA Tanah Abang 3. TK Aisyiyah 19 tersebut didirikan pada Tahun 1968 dengan Tujuan Mendidik anak anak untuk memahami dasar-dasar ajaran islam, memupuk, mengasah kecerdasan, pengetahuan dan keterampilan anak melalui pembiasaan bekal pengembangan diri serta menumbuhkan sikap tanggung jawab, kemandirian, kecakapakan emosional, dan cinta tanah air. Oleh karena itu Kelompok PCA Tanah Abang 3 melakukan Sosialisasi dan Sharing terhadap Orang Tua siswa guna membimbing, mengedukasi, dan memberikan arahan mengenai Perilaku anak pada lingkungan rumah dan sekitarnya. Maka tema yang diambil dari Sosialisasi ini ialah mengenai Parenting Perkembangan Anak. Tema tersebut diambil supaya orang tua siswa mampu mengetahui perkembangan anak sehari- hari dan membangun keterampilan dan kepercayaan diri kepada anak. Tujuan diambilnya tema tersebut agar dapat mengedukasi, membimbing serta memberikan arahan kepada para orang tua siswa agar dapat mengetahui perkembangan anak dikehidupan sehari-hari.


Full Text:

PDF

References


Adhim, Muhammad Fauzil, (2006, Positive Parenting: Cara-Cara Islam Mengembangkan Karakter Positif pada Anak Anda, Bandung, Mizan Pustaka.

Baumrind, (1971), Current Patterns of Parental Authority; Developmental Psychology Monographs, America, American Psychological Association.

Baumrind, D. 1966. Effects of Authoritative Parental Control on Child Behavior, Child Development, 37(4), 887-907.

Bornstein, Marh.2002. Handbook of Parenting Second EditionVolume 1-5 Practical I.

Rahmadianty Alvia, (2019), 5 Manfaat Ini Bisa Kamu Dapatkan dengan Menikuti Pengabdian Masyarakat untuk Mahasiswa

Ratna Megawangi. (2003). Pendidikan Karakter Untuk Membangun Masyarakat Madani. IIPK Indonesia Heritage Foundation.

Soetomo, Dasar-Dasar Interaksi Belajar Mengajar, (Surabaya: Usaha Nasional, 1993), Hal. 148

Sutrisno, C.Iman, 1996, Hakikat dan Prinsip Pengabdian Kepada Masyarakat Oleh Perguruan Tinggi, Pelatihan Metodologi Pengabdian Kepada Masyarakat Bagi Dosen PTN dan PTS seJawa Timur 1921 Nopember 1996, LPM Universitas Brawijaya, Malang.

Superadmin, Pentingnya Pengabdian Masyarakat Bagi Mahasiswa, 2018.

Tandberg, Kari. 2009. Parenting Matters: Strategies for Countering Media Influences. CFERT Colorado State University Department of Psychology.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ