DIVERSIFIKASI DAN PENGEMBANGAN USAHA ANEKA KUE BASAH PADA UMKM DKI JAKARTA UNTUK PENINGKATAN PRODUKSI, MANAJEMEN KEUANGAN DAN DIGITAL MARKETING

Authors

  • Deby Chairunnisa Jurusan Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Rita Afriyanti Jurusan Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstract

Teknologi saat ini terus berkembang dan manfaat penggunaan internet terasa bagi para pemakainya. Beberapa orang merasa ketergantungan dengan adanya internet, termasuk aktivitas Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UKM) dalam memanfaatkan teknologi informasi untuk menjalankan usahanya khususnya pada era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Dunia maya kini tak lagi hanya mampu menghubungkan orang dengan perangkat, namun juga orang dengan orang lain di seluruh penjuru dunia. Keberadaan UMKM diharapkan mampu memacu perekonomian di tengah perlambatan ekonomi yang terjadi saat ini. Pemanfaatan konsep pemasaran berbasis teknologi digital (digital marketing) memberikan harapan bagi UMKM untuk berkembang menjadi pusat kekuatan ekonomi. Pelaku UMKM mengkolaborasikan media promosi dan media distribusi berbasis digital untuk mendapatkan laba sebesar-besarnya. Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tentang digital marketing, khususnya media sosial dan berjualan di marketplace, bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan mereka.. Dari hasil penelitian diketahui bahwa digital marketing memudahkan pelaku UMKM untuk memberikan informasi dan berinteraksi secara langsung dengan konsumen, memperluas pangsa pasar, meningkatkan awareness dan meningkatkan penjualan bagi pelaku UMKM

Author Biographies

Deby Chairunnisa, Jurusan Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Jurusan Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Rita Afriyanti, Jurusan Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Jurusan Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Jakarta

References

Aditya wardhana. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UMKdi Indonesia. In Seminar Nasional Keuangan dan Bisnis IV (pp. 327–337). Universitas Pendidikan Indonesia.

Hasanah, H. (2017). TEKNIK-TEKNIK OBSERVASI (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163

Pradiani, T. (2017). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Jibeka, 11(2), 46–53.

Wardhana, A. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya pada Keunggulan Bersaing UKM di Indonesia

Lubis, A. F., Sari, A. P., Septiani, E. N., & Meitara, H. (2019). Penyuluhan kesehatan

Downloads

Published

2023-10-26