Peningkatan Pemahaman Peran Ayah Dalam Pendidikan Iman di SDIT Bina Cendekia Depok Jawa Barat

Siti Shofiyah, Azie Fahrezie Yabes, Julian Nur Syahid Al Akbar, Nida Soraya Fauziah, Munifah Bahfen, Romlah Gany

Abstract


Seorang Ayah memiliki peran penting dalam keluarga khususnya masa perkembangan anak-anaknya. Peran ayah sebagai kepala keluarga yang membimbing istri dan anak-anaknya begitu sangat penting untuk menumbuhkan sikap keimanan kepada Allah. Karena,layaknya sebuah kapal yang berlayar tanpa nahkoda maka kapal tersebut berlayar tanpa arah, sama halnya seperti keluarga sang ayah menjadi contoh,pemimpin dan penuntun keluarga dan anak-anaknya menuju kepada kebaikan terutama menuntun dan menjadi contoh dalam meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai penting kontribusi ayah bagi anak dalam pengasuhan. Penelitian ini mengamati kisah nyata Ibrahim dan Ismail dalam al-Quran. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan studi kasus yang bertujuan untuk memperoleh gambaran yang lengkap dan mendalam. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan adanya penelitian dan pembahasan ini maka dapat diketahui bahwa pengimplementasian pengajaran keimanan yang dilakukan oleh orangtua khususnya Ayah masih terbilang kurang. Karena pemahaman masyarakat yang masih terpacu bahwa Ayah cukup menjadi kepala keluarga dan mencari nafkah.


Full Text:

PDF

References


Aulia, R., & Shabri, I. (2018). Peran Ayah Dalam Mendidik Anak Berdasarkan Al-Quran (Tinjauan Tentang Cara Para Nabi-Nabi Dalam Mendidik Anak. Majalah Ilmu Pengetahuan dan Pemikiran Keagamaan Tajdid, 55.

Harmaini, S, V., & Y, A. (2014). Peran Ayah dalam Mendidik Anak. Jurnal Psikologi: UIN Sultan Syarif Kasim Riau.

Rahmi. (2015). Tokoh Ayah dalam Al-Qur'an dan Keterlibatannya dalam Pembinaan Anak. Kafa'ah: Jurnal Ilmiah Kajian Gender, 1.

Shofiyah, S. (2021). Peran Ayah dalam Pendidikan Tauhid. International Conference on Islamic Educational Guidance Counseling. Yogyakarta.

Shofiyah, S., Karimah, U., Hasbi, M., & Agama, F. (n.d.). OPTIMALISASI DESA BINAAN PROGRAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD): STUDI PEMBELAJARAN PRODI PAI DI PAMULANG (SAUNG JINGGA). Jurnal.Unimed.Ac.IdS Shofiyah, U Karimah, B Busahdiar, F FarihenJURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT•jurnal.Unimed.Ac.Id. Retrieved October 6, 2023, from https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpkm/article/view/41795

Thesalonika, E., Fajriani Azis, Mp., Siti Shofiyah, Ms., Juvrianto Chrissunday Jakob, Ma., Nurus Amzana, Mp., Septian Nur Ika Trisnawati, Mp., Sahrul Alam Rukun Santoso, Mp., & Reni Marlena, Ms. (n.d.). PERENCANAAN PENDIDIKAN. Tahtamedia.co.id. Retrieved October 23, 2023, from http://tahtamedia.co.id/index.php/issj/article/view/227


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ