PENGENALAN BAZNAS DALAM MENINGKATKAN KESADARAN PESERTA JAMBORE NASIONAL TERHADAP ZAKAT DAN KEMANUSIAAN

Nisa Anggraeni, Sarijah Aprilia Niska, Jusar Ridho Sofyan, M. Reza Prima Matondang

Abstract


BAZNAS Provinsi Jawa Barat mengadakan salah satu program yaitu sosialisasi yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan mengenai zakat, program sosialisasi dapat menambah pengetahuan dan meningkatkan kesadaran individu yang sudah berhak untuk membayar zakat, terutama bagi individu yang berpendapatan tinggi namun belum mengetahui tentang kewajiban zakat. Pengenalan Baznas kepada peserta Jambore Nasional adalah langkah penting dalam mengedukasi generasi muda tentang nilai-nilai kemanusiaan dan tanggung jawab sosial salah satunya melalui gerakan cinta zakat. Melalui materi edukatif, dan sesi tanya jawab, peserta dapat memahami lebih baik peran Baznas dalam mendistribusikan zakat dan membantu mereka yang membutuhkan. Dengan demikian, Baznas dapat berperan sebagai agen perubahan yang penting dalam masyarakat, melalui generasi muda yang sadar akan kemanusiaan. Kegiatan sosialisasi yang dilakukan kepada peserta jambore untuk membentuk kesadaran berzakat sejak dini pada siswa/i. Generasi milenial merupakan agent of change yang dapat berkontribusi bukan hanya sebagai donatur tapi juga pelopor gerakan perubahan. Mereka memiliki kepedulian dan kreativitas yang dapat dipadukan menjadi sebuah karya. Milenial bisa menjadi penyampai informasi yang baik. Mereka juga bisa dilibatkan untuk menjadi relawan atau amil zakat, tentunya dilengkapi dengan pelatihan yang dibutuhkan untuk menunjang kinerja mereka.

Full Text:

PDF

References


Arma, T. Y., Isnarmi, I., Montessori, M., & Hasrul, H. (2022). Sosialisasi Program BAZNAS untuk Meningkatkan Kesadaran Berzakat di Kabupaten Pesisir Selatan. Journal of Education, Cultural and Politics, 2(2), 163-174.

Erliani, S. (2016). Peran Gerakan Pramuka untuk Membentuk Karakter Kepedulian Sosial dan Kemandirian (Studi Kasus di SDIT Ukhwah dan MIS An-Nuriyyah 2 Banjarmasin). Muallimuna, 2(1), 36-46.

Itang, I. (2021). Pengabdian Masyarakat Baznas Provinsi Banten dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia Satu Keluarga Satu Sarjana. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 14(1), 28-60.

Muflihin, M. D., Khunaifih, R., Istifadhoh, N., & Rolianah, W. S. (2023). Pendampingan Penghimpunan Dan Pendistribusian Dana Zis Melalui Upz Stei Kanjeng Sepuh Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat MEMBANGUN NEGERI, 7(1), 191-200.

Portal JabarProv.go.id. (September, 5). Anak Muda Berperan Penting Masifkan Zakat Lewat Medsos. Diakses dari https://jabarprov.go.id/berita/anak-muda-berperan-penting-masifkan-zakat-lewat-medsos-9964

Putri Mardhatillah. (September, 5). Kontribusi Generasi Milenial Untuk Zakat di Era Digital. Diakses dari https://news.unimal.ac.id/index/single/3019/kontribusi-generasi-milenial-untuk-zakat-di-era-digital

Randa, S. (2022). Jambore Nasional Gerakan Pramuka: Implementasi Bela Negara. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(4), 1395-1406.

Wardhani, R. W. K. (2018). Manajemen Komunikasi Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Jawa Barat. NALAR: Jurnal Peradaban dan Pemikiran Islam, 2(1), 12-21.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ