Pendampingan Branding UMKM “ODIMAN Cake N Bakery” Pada Media Digital Instagram dan Google

Authors

  • Agung Firmansyah Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Amanda Aurora Rhamadanti Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Azizatul Munawaroh Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstract

Penelitian ini merupakan sebuah kajian mendalam tentang pendampingan dalam upaya membangun identitas merek bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), dengan fokus utama pada UMKM "ODIMAN Cake N Bakery," yang baru akan mulai beroperasi dalam ranah media digital. Latar belakang permasalahan yang menjadi sorotan adalah tantangan dalam mengembangkan branding merek. Branding yang ingin dilakukan oleh ODIMAN Cake N Bakery terkendala oleh terbatasnya kapasitas dan pengetahuan di bidang ini. Dalam penelitian ini, metode penelitian yang digunakan melibatkan observasi dan wawancara mendalam untuk mengkaji upaya branding yang sudah dilakukan sebelumnya dan mengusulkan strategi rebranding yang lebih efektif. Temuan dari penelitian ini secara jelas mencerminkan kemajuan yang sangat positif dalam proses pembentukan identitas merek yang tangguh melalui media digital, khususnya di platform Instagram dan Google. Selain itu, penelitian ini juga berperan sebagai panduan praktis yang berharga bagi UMKM dalam memahami makna sejati dari branding di era digital, cara mengimplementasikannya secara sukses, serta langkah-langkah untuk menciptakan identitas merek yang kuat, yang akhirnya akan meningkatkan interaksi dan keterlibatan dengan pelanggan melalui berbagai media digital. Kata kunci: Branding, UMKM, Digitalisasi

Author Biographies

Agung Firmansyah, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Universitas Muhammadiyah Jakarta

Amanda Aurora Rhamadanti, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Universitas Muhammadiyah Jakarta

Azizatul Munawaroh, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Universitas Muhammadiyah Jakarta

References

Tentama, F., Pranungsari, D., & Tarnoto, N. (2017). Pemberdayaan komunitas anak jalanan Yogyakarta melalui bermain peran. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 11-18. Retrieved from

http://ojs.ejournal.id/index.php/ppm/article/view/74

Dewi, Merlina., Rusdianto, R. Yuniardi. (2023). Peran Mahasiswa KKN

Dalam Branding Dan Promosi Wisata Embung Sumberagung Kecamatan Gondang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains dan Teknologi, 2(3), 87-93. Retrieved from https://doi.org/10.58169/jpmsaintek.v2i3.1 73

Fuadi, D., Akhyadi, A.S., & Saripah, L.(2021). Strategi Pemberdayaan

Pelaku UMKM Menuju Ekonomi Digital Melalui Aksi Sosial. DIKLUS:

Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 1(5), 1-13. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jurnaldi klus

Sarfiah, Sudati N., Atmaja, Hanung E.,Verawati, Dian M. (2019). UMKM

Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa. Jurnal REP (Riset Ekonomi

Pembangunan), 4(2), 137-146. Retrieved from http://jurnal.untidar.ac.id/index.ph

p/REP

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2023-10-26