SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT 2023 UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA, 26 OKTOBER 2023 PENGENALAN CIRCULAR ECONOMY PADA CV. STARFISH COMP MEDIA GEMILANG

Renty Anugerah Mahaji Puteri, Leola Dewiyani, Slametiningsih Slametiningsih, Erna Yuliana, Rifqi Fauzan

Abstract


CV. Starfish Comp Media Gemilang adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa penyedia ATK maupun service printer yang terletak di daerah Jakarta Utara. Hasil observasi maupun pengamatan serta wawancara yang dilakukan di awal penentuan program pengabdian masyarakat ini menghasilkan analisa situasi dan permasalahan berupa masih tingginya jumlah waste yaitu toner catridge yang masih menumpuk di area kerja. Selain tumpukan toner catridge, bagian dari toner catridge yang berupa serbuk atau bubuk bisa berpotensi menyumbang limbah B3. Dari hasil pengamatan inilah tim berinisiatif untuk melakukan Penyuluhan tentang pengenalan sirkular ekonomi dalam mengatasi limbah toner cartridge. Adapun langkah-langkah yang dilakukan diantaranya adalah observasi atau pengamatan dan wawancara serta memberikan pembekalan materi terkait limbah toner cartridge dengan pendekatan circular ekonomi. Diharapkan hasil yang didapat mampu memberikan kepedulian terhadap tingginya jumlah toner catridge sehingga dapat mengurangi jumlah limbah B3.

Full Text:

PDF

References


Agustin Abang Edwin Syarif dan Cama Juli Rianingrum. 2019. Pendekatan Ekonomi Sirkular Dalam Pemikiran Desain Sebagai Materi Pendidikan Desain Untuk Pembangunan Keberlanjutan Jurnal Seni & Reka Rancang Volume 2, No.1

Darmastuti, Shanti., Intan Putri Cahyani., Afrimadona & Syarif Ali. (2020). Pendekatan Circular Economy Dalam Pengelolaan Sampah Plastik di Karang Taruna Desa Baros, Kecamatan Baros, Kabupaten Serang. Indonesian Journal of Society Engagement Vol 1 No. 2.

Dwiningsih, Nurhidayati & Ludwina Harahap. (2022). Pengenalan Ekonomi Sirkular (Circular Economy) Bagi Masyarakat Umum. Jurnal Pengabdian Masyarakat Volume 1 Nomor 2.

Fadhillah, Muhammad Haris., Mohammad Fahreza. (2023) Pendekatan Ekonomi Sirkulas sebagai Model Pengembangan Bisnis Melalui Pemanfaatan Aplikasi pada UsahaKecil dan Menengah Pasca Covid-19. Jurnal Ilmiah Manajemen Vol 14 No. 1.

Iqbal, M., & Tatang Suher. 2019. Identifikasi Penerapan Konsep Zero Waste Dan Circular Economy Dalam Pengelolaan Sampah Di Kampung Kota. Kampung Cibunut, Kelurahan Kebon Pisang, Kota Bandung. Jurnal Wilayah Kota Vol 6 No. 02.

Manik, Yuni . 2022. Ekonomi Sirkular, Pola Berfikir Dan Pendidikan Untuk Keberlanjutan Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro. Vol 10, No. 1.

Nurafifah, Nisrina., Avi Marlina & Rachmadi Nugroho. (2021). Strategi Circular Economy Untuk Organisasi Ruang Sehat Pada Pasar Produksi Pangan Di Surakarta. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Aristektur Vol.4, No.1.

Suwignyo, Patdono. Raditya Erlang Arkananta. Moses Laksono Singgih. Ahmad Fatih Fudhla. Anda Iviana Juniani. 2021. LITERATURE REVIEW MODEL CIRCULAR ECONOMY DAN POTENSI PENGEMBANGANNYA. JISO: Journal Of Industrial And Systems Optimization ISSN 2622-898X online Volume 4, Nomor 2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ