Pelatihan Transplanting Tanaman Hias Aglaonema di SD Muhammadiyah 37 Tangerang Selatan
Abstract
Dalam era modern ini, dampak negatif dari ketergantungan teknologi pada anak-anak, seperti berkurangnya rasa peduli terhadap lingkungan alamiah, menjadi perhatian utama. Kehadiran teknologi cenderung mengalihkan perhatian anak-anak dari interaksi langsung dengan alam, mengurangi pemahaman dan sensitivitas terhadap lingkungan. Oleh karena itu, program pelatihan dasar pertanian, khususnya teknik transplanting, dijalankan untuk siswa kelas 4 di Sekolah Dasar Muhammadiyah 37. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran lingkungan anak-anak sambil memberikan mereka pengalaman langsung merawat tanaman. Metode transplanting ini juga mendukung perkembangan anak dalam aspek motorik, kognitif, bahasa, kreativitas, emosi, dan sosial. Pelatihan dilaksanakan pada tanggal 24 Agustus 2023, melibatkan 20 siswa kelas 4. Pelaksanaan kegiatan mencakup pre-test, pemaparan materi, praktik transplanting di lapangan, dan post-test. Melalui praktik pertanian dasar ini, anak-anak mendapatkan pengalaman nyata dalam merawat tanaman dan memahami pentingnya menjaga kelestarian lingkungan. Ini adalah langkah positif untuk mengatasi dampak negatif dari ketergantungan teknologi pada generasi muda.
Kata kunci: Transplanting, KKN, Anak, Aglaonema
Full Text:
PDFReferences
Agnia, A. S. G. N., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2021). Pengaruh
kemajuan teknologi terhadap pembentukan karakter siswa. Jurnal
Pendidikan Tambusai, 5(3), 9331-9335.
Ayesha, I. (2020). Edukasi Pertanian Untuk Anak-Anak Milenial Berbasis Masjid di Desa Cikadut, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung. Journal of Community Service, 2(1), 033-039.
Effendy, I., & Abi Hamid, M. (2016). Pengaruh pemberian pre-test dan post
test terhadap hasil belajar mata diklat hdw. dev. 100.2. a pada siswa smk
negeri 2 lubuk basung. VOLT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro,
(2), 81-88.
Haryanto, L. I., Maulana, F. A., & Sukrianto, S. (2023). The impact of
Covid-19 pandemic on Aglaonema farming income: a comparison
between the height and the post trend. Ornamental Horticulture, 29, 87-98.
Hisyam Zaini, et al (2005). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta:
CTSD
Nawawi, F. A., Alfira, Z. N., & Anneja, A. S. (2022). Faktor Penyebab
Ketidaktertarikan Generasi Muda Pada Sektor Pertanian Serta Penanganannya. In Prosiding Seminar Nasional Ilmu Ilmu Sosial (SNIIS) (Vol. 1, pp. 585-593)
Saodah, S., Amini, Q., Rizkyah, K.,Nuralviah, S., & Urfany, N. (2020). Pengaruh Globalisasi Terhadap
Siswa Sekolah Dasar. Pandawa, 2(3), 375- 385.
Subono, M dan Andoko, A. 2005. Meningkatkan Kualitas Aglaonema,Cet IV. Agromedia Pustaka. Depok
Suherman, A. A., & Ariani, E. (2014).Tinjauan Budidaya Aglaonema Pride of Sumatera pada Petani Penangkar
Tanaman Hias di Kelurahan Rawa Sari Kecamatan Marpoyan Damai Pekanbaru.
Thoriq, A. (2017). Edukasi Teknologi Pertanian Untuk Anak Usia Dini di Desa Cilayung, Kecamatan Jatinangor.
Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 6(1).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:
==============================================================================================================
Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756
E-ISSN: 2714-6286
==============================================================================================================