Sosialisasi Pencegahan Bullying di Sekolah Islam Terpadu Aulady Tanggerang Selatan

Radysti Devania, Hanafi Aldiyanto, Ahmad Sabil, Daniel Handoko

Abstract


Dalam Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini meliputi kegiatan sosialisasi Pencegahaan bullying, Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal merupakan factor penentu bagi perkembangan kepribadian siswasiswa, baik dalam acara berpikir, bersikap maupun
cara berperilaku. Berbagai macam permasalahan yang terjadi di lingkungan sekolah, salah satu masalah yang sangat penting untuk dilakukan pencegahan adalah tindakan bullying. Bullying itu sendiri merupakan tindakan pemaksaan secara fisik atau psikologis terhadap seseorang yang dilakukan dengan kekerasan dilakukan terhadap orang-orang yang lemah. Dalam Sosialisasi ini membahas jenis-jenis bullying, faktor bullying, dan cara pencegahaan bullying lalu dalam penulisan penelitian ini menggunakan Metode meliputi Observasi, Wawancara, Diskusi diberikan kesempatan kepada siswa untuk berpartisipasi dalam sosialisasi ini, Dokumentasi, Dalam sosialisasi ini bertujuan untuk menambah pengetahuan dan kewaspadaan untuk siswa-siswa di Sekolah Islam Terpadu Aulady dan juga kegiatan ini bermanfaat bagi sekolah karena bentuk adanya kesadaran pecegahaan bullying dan terhadap dampak buruk perilaku bullying sehingga dapat melakukan berbagai kebijakan untuk mengurangi dan mencegah terjadinya kasus bullying di sekolah.

Kata Kunci : Pencegahaan,Bullying, Sekolah


Full Text:

PDF

References


Afifuddin. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Pustaka Setia

Arifin. 2011. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D. Bandung:Alfabeta.

Ariesto, A. (2009). Pelaksanaan Program Anti bullying Teacher Empowerment.

Coloroso, B. (2006). (alih bahasa : Santi Indra Astuti). Penindas, tertindas, dan penonton. resep memutus rantai kekerasan anak dari prasekolah hingga SMU. Jakarta: Serambi.

Lereya, S. T., Samara, M., & Wolke, D. (2013). Parenting behavior and the risk of becoming a victim and abully/victim: A meta-analysis study.Child abuse & neglect, 37(12), 1091-1108

Nana Sudjana. (2002).Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung Remaja Rosdakarya.

Rosen, L. H., DeOrnellas, K., & Scott, S. R. (2017). Bullying in School: Perspectives from School Staff, Students, and Parents. Texas: Springer

Sejiwa. (2008). Bullying: Mengatasi 8 Kekerasan di Sekolah dan Lingkungan Sekitar Anak. Jakarta: Grasindo.

Sampson, V. et al. (2012). Using laboratory activities that emphasize argumentation and argument to help high school students learn how to engage in scientific inquiry and understand the nature of scientific inquiry. Paper presented at the annual international conference of the National Association for Research in Science Teaching (NARST). Indianapolis, ID.

Surilena. (2016). Perilaku Bullying (perundungan) pada Anak dan Remaja. CDK,43(1), 35-236.

Sugiyono.2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D, penerbit Alfabeta, Bandung.

Wiyani,N.A.2014.Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ