SOSIALISASI ANTI BULLYING DI LAB SCHOOL FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA

Grazzie Raditya Hanjalari, Fakhri Nurul Firdaus, Bilal Alfarizy

Abstract


Bulyying adalah masalah sosial yang meresahkan dan mendalam yang memengaruhi masyarakat di seluruh dunia. Melalui pemahaman yang lebih baik tentang masalah ini dan tindakan kolaboratif yang berkelanjutan, kita dapat bekerja menuju masyarakat yang lebih aman, penuh empati, dan bebas bullying. Tim KKN kami berinisiatif untuk menyelenggarakan Sosialisasi Anti Bullying di Lab School FIP UMJ, Ciputat, Tangerang Selatan. Lokasi ini dipilih karena merupakan subjek terpenting untuk dilakukan sosialisasi mengenai bullying, terutama siswa SD, sehingga memiliki ilmu mengenai jenis dan cara pencegahan tindak bullying dengan baik. Kegiatan berlangsung pada 09 Agustus 2023 dimulai dari pembukaan, sosialisasi, games, ice breaking dan penyerahan sertifikat. Diikuti oleh siswa dan siswi SD kelas 4 sampai 6 yang sangat antusias dengan kegiatan ini.

Kata kunci: Sosialisasi, Bullying, Anak - anak


Full Text:

PDF

References


Hasanah, H. (2017). TEKNIK-TEKNIK OBSERVASI (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21.https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163

Hidayati, A. S. (2019). Analisis Faktor-faktor Penyebab Bullying di Kalangan Peserta Didik Era Milenial. Skripsi S1 UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA.

Suhendar, R. D. (2020). Faktor-Faktor Penyebab Perilaku Bullying Siswa Di Smk Triguna Utama Ciputat Tangerang Selatan. EMPATI: Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial.

Azmi, I., Nafi'ah, Thamrin, M., & Akhwani. (2021). Studi Komparasi Kepercayaan Diri (Self Confidance) Siswa yang Mengalami Verbal Bullying dan Yang Tidak Mengalami Verbal bullying di Sekolah Dasar.

Jurnal Basicedu, 3551 - 3558.

Gultom, A., Suparno, & Wadu, L. (2023). Strategi Anti Perundungan di Media Sosial dalam Paradigma Kewarganegaraan. De Cive:Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaaran, 7 -13.

Mansyur, A., Badrujaman, A., Imawati, R.,& Fadhillah , D. (2019). Konseling Online Sebagai Upaya Menangani Masalah Perundungan di Kalangan Anak Muda. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 140 -154.

Purnaningtias, F., Aika, N., & Fasihah, L. (2020). Analisis Peran Pendidikan Moral untuk Mengurangi Aksi Bully di Sekolah Dasar. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 42 - 49.

Rahayu, B., & Permana, I. (2019). BULLYING DI SEKOLAH : KURANGNYA EMPATI PELAKU BULLYING DAN PENCEGAHAN. Jurnal Keperawatan Jiwa, 237 - 246.

(n.d.). Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Utami, T., Astuti, Y., & PH, L. (2019). Hubungan Kecemasan dan Perilaku Bullying Anak Sekolah Dasar. Jurnal

Ilmu Keperawatan Jiwa, 1 - 6.

Wijayanti, C., & Uswatun, A. (2019). Perangi Tindak Perundungan (Bullying) dengan Penanaman

Pendidikan Karakter Sejak Dini pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pagelaran

Pendidikan Dasar Nasional (PPDN), 16 - 26.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ