KEPEMIMPINAN MUHAMMADIYAH DAN AISYIYAH MEMAJUKAN SEMESTA MENCERAHKAN PERADABAN

Adityo Aprianto, Muhammad Naufal Zundan, Nadzifah Nurhasanah, Muhammad Raffi Goutama

Abstract


Musyawarah Muhammadiyah juga mencerminkan semangat inklusivitas dan pluralisme dalam Islam di Indonesia, di mana beragam pandangan dan pemahaman agama diberikan ruang untuk berbicara dan berkontribusi. Dalam konteks yang lebih luas, Musyawarah Muhammadiyah juga berdampak pada perkembangan sosial dan pendidikan di Indonesia, karena Muhammadiyah memiliki peran yang signifikan dalam sektor tersebut. Melalui pemahaman yang lebih mendalam tentang Musyawarah Muhammadiyah, kita dapat memahami bagaimana sebuah organisasi Islam besar seperti
Muhammadiyah memadukan nilai-nilai Islam dengan prinsip-prinsip demokrasi dan partisipasi aktif dalam proses pengambilan keputusan. Hal ini mengilhami berbagai kalangan untuk mencari solusi dan inovasi yang relevan dalam menghadapi tantangan-tantangan sosial, pendidikan, dan keagamaan di Indonesia.

Kata Kunci: Musyawarah, Muhammadiyah, Aisyiyah


Full Text:

PDF

References


Sari, S. M. (2004). Peran warna interior terhadap perkembangan dan

pendidikan anak di taman kanak-kanak. Dimensi Interior, 2(1), 22-36.

Towoliu, I. D., Hartati, S., & Hapidin, H. (2020). Pendidikan Karakter Berbasis Islam melalui Program Cinta Rosul pada Anak Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 521529.

Suradarma, I. B. (2018). Revitalisasi nilai-nilai Moral Keagamaan diera globalisasi melalui pendidikan agama. Dharmasmrti: Jurnal Ilmu Agama Dan Kebudayaan, 18(2),5058.

Dewi, N. L. M. A., Astutik, W., & Widayati, K. (2020). Pemberdayaan SD 2 Muhammadyah Denpasar dalam Revitalisasi Permainan Tradisional sebagai Wahana Edukasi Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Peduli Masyarakat, 2(1), 1-10.

Umar, S. (2018). Revitalisasi Fungsi Edukasi Masjid Bagi Masyarakat Perkotaan (Studi Kasus di Masjid Fatimatuzzahra Perwokerto) (Doctoral dissertation, IAIN).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ