PENCEGAHAN POLUSI UDARA MELALUI PENGHIJAUAN SEKOLAH DI SMP AL ISRA MUHAMMADIYAH 7 JAKARTA BARAT

Authors

  • Muhamad Syahril A Uniersitas Muhammadiyah Jakarta
  • Rian Andrianto Uniersitas Muhammadiyah Jakarta
  • Rizky Khairun J Uniersitas Muhammadiyah Jakarta
  • Yudha Oktafiansyah Uniersitas Muhammadiyah Jakarta
  • Oktaviana Purnamasari Uniersitas Muhammadiyah Jakarta

Abstract

Penghijauan merupakan suatu upaya dalam pelestarian lingkungan yang melibatkan penanaman berbagai jenis tanaman dan vegetasi di berbagai wilayah. Upaya ini memiliki tujuan utama untuk memulihkan ekosistem yang rusak, meningkatkan kualitas udara, serta memberikan manfaat ekologis, sosial, dan ekonomi bagi masyarakat. Lingkungan sekolah yang ada di perkotaan seperti di Jakarta rawan polusi udara membutuhkan penghijauan mengingat kondisi kualitas udara yang memburuk di Jakarta dan sekitarnya. Salah satu sekolah yang masih membutuhkan penghijauan adalah SMP Islam Al Isra Muhammadiyah 7 Jakarta Barat. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk melaksankan gerakan penghijauan di sekolah dengan menggunakan tanaman gantung agar membantu mengurangi polusi udara. Pengabdian masyarakat dilakukan oleh mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Jakarta beserta dosen pendamping lapangan. Hasil dari pengabdian masyarakat ini membuat lingkungan sekolah menjadi lebih hijau dan asri dengan tanaman gantung,sehingga diharapkan mampu mengurangi polusi udara.Kata kunci: Pencegahan, penghijauan, polusi udara, sekolah

Author Biographies

Muhamad Syahril A, Uniersitas Muhammadiyah Jakarta

Uniersitas Muhammadiyah Jakarta

Rian Andrianto, Uniersitas Muhammadiyah Jakarta

Uniersitas Muhammadiyah Jakarta

Rizky Khairun J, Uniersitas Muhammadiyah Jakarta

Uniersitas Muhammadiyah Jakarta

Yudha Oktafiansyah, Uniersitas Muhammadiyah Jakarta

Uniersitas Muhammadiyah Jakarta

Oktaviana Purnamasari, Uniersitas Muhammadiyah Jakarta

Uniersitas Muhammadiyah Jakarta

References

Akhwani, A. (2019). Strategy of Digital Etiquette Education of Elementary

School Students. Primaryedu-Journal of Primary Education, 3 (2),4354.DOI:

https://doi.org/10.22460/pej.v3i2.1378.

Akhwani, & Nurizka, R. (2021(. Meta Analisis Quasi Eksperimental Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Terhadap Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5 (2), 446-454. DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.706.

Akhwani, & Romdloni, M. A. (2021).Pendidikan Karakter Masa Pandemi Covid-19 Di SD. Indonesian Journal of Primary Education, 5 (1), 1-12.DOI:https://doi.org/10.17509/ijpe.v5i1.31381.

Efendi, N., R. S. Barkara, & Y. Fitria.(2020). Implementasi Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar Lolong Belanti Padang. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4 (2), 1-10.DOI:http://dx.doi.org/10.23917/jpis.v29i2.9747

Hidayati, N. (2016). Persepsi Siswa Terhadap Kebersihan Lingkungan di SDN 51 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1 (1). DOI:http://www.jim.unsyiah.ac.id/pgsd/article/view/461.

Idrus, A., & Y. Novia. (2018). Pelaksanaan Nilai Peduli lingkungan Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3 (2), 203-219. DOI:https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6757

Lasalewo, T., H. Mardin, & Hariana.(2022). Edukasi Pola Hidup Sehat dan Bersih di SDN 6 Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara.Lamahu: Jurnal Pengabdian Masyarakat Terintegrasi, 1 (1), 30-35.DOI:https://doi.org/10.34312/lamahu.v1i1.13539.

Muslim, A., Azizah, N. D., Supriatna.,Nurwulan, E. D. (2021). Penanaman Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar. Khazanah Pendidikan-Jurnal Ilmiah Kependidikan (JIK), 15 (1), 98-101.DOI: 10.30595/jkp.v15i1.10365

Naziyah, S., Akhwani, Nafiah, S. Hartatik.(2021). Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5 (5), 3482-3489. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1344.

Prabandari, A. S. (2020). Impelementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. JPdK: Jurnal Pendidikan dan Konseling, 2 (1), 68-71. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2858.

Sari, N. K., & L. D. Puspita. (2019).Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Dikdas Bantara, 2 (1), 57-72. DOI: https://doi.org/10.32585/jdb.v2i1.1

Downloads

Published

2023-10-26