Pembelajaran Materi IPA & Edukasi pada Siswa/i di SDIT An-Nuriyah Jakarta

Jihan Rajwa, Nova Alviyani, Fara Erlinda Putri, Walliyana Kusumaningati

Abstract


Pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk masa depan sebuah bangsa. Di Indonesia, tahap awal dalam perjalanan pendidikan adalah Sekolah Dasar (SD). Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) adalah salah satu mata pelajaran yang diajarkan di SD. Materi IPA diajarkan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang prinsip-prinsip dasar ilmiah
dan fenomena alam disekitar mereka. Prinsip-prinsip belajar mengajar adalah pedoman atau panduan yang digunakan oleh pendidik untuk mencapai tujuan pembelajaran dengan efektif. Beberapa prinsip belajar mengajar yang penting ialah aktivasi partisipasi siswa dalam proses pembelajaran, termasuk berdiskusi dan berinteraksi dengan materi. Pendidikan di tingkat Sekolah Dasar (SD) memegang peran yang sangat penting dalam membentuk karakter, keterampilan, dan pemahaman dasar siswa. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah penyampaian materi secara langsung (tatap muka) dengan metode ceramah. Kegiatan “KKN Mengajar” dipersiapkan melalui beberapa tahapan diantaranya koordinasi dan diskusi antar tim pelaksana yang melibatkan mahasiswa peserta KKN dan DPL (Dosen Pembimbing Lapangan) untuk menentukan konsep kegiatan yang akan dilaksanakan berikut teknis pelaksanaanya. Berdasarkan hasil yang terdapat pada tabel, dapat dilihat bahwa rata-rata hasil kuis dari kelas 1 sampai kelas 6 mendapat nilai yang memuaskan. Hal ini dapat menunjukkan bahwa pelajaran yang disampaikan oleh mahasiswa telah diterima dengan baik oleh para murid dari SDIT An-Nuriyah.


Full Text:

PDF

References


Dwiranata, D., Pramita, D., & Syaharuddin, S. (2019). Pengembangan media pembelajaran matematika interaktif berbasis android pada materi dimensi tiga kelas x sma. Jurnal Varian, 3(1), 1-5.

Mahesti, G., & Koeswanti, H. D. (2021). Pengembangan media

pembelajaran permainan monopoli asean untuk meningkatkan hasil belajar

tema 1 selamatkan makhluk hidup pada siswa kelas 6 Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 9(1), 30-39.

Meilani, L., Bastulbar, B., & Pratiwi, W. D. (2021). Dampak Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Aspek Kognitif, Afektif, dan Psikomotor Bagi Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 11(3), 282-287.

Parnayathi, I. G. A. S. (2020). Penggunaan Metode Pembelajaran Team Quiz sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA. Journal of

Education Action Research, 4(4), 473-480.

Sari, T. P., & Sylvia, I. (2022). Perbandingan Motivasi Belajar Siswa IPA dan IPS Pada Pembelajaran Daring dan Luring di SMAN 1 Kec. Akabiluru. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 1(2), 159-166.

Siahaan, D. R. R. F. Perbedaan Hasil Belajar Tata Boga Pada Siswa

Jurusan IPA Dan IPS Kelas XI SMA Istiqlal Deli Tua. Garnish (Jurnal Pendidikan Tata Boga), 3(1).

Tarsini, T., & Ningsih, T. (2021). Integrasi pembelajaran ips dan

ipa kelas iv di madrasah ibtidaiyah pembina pengamalan agama (mi p2a) meri kutasari purbalingga. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(3).

Primasasti, G. C. A., Arini M, F. N., Magfiroh, H., Aqzela, A., Putri,

A. Y., Ramadhani, T. S., Anandatara, R., Fridayanto, S. N., Alam, M. A. S., Zakaria, L., Setiawan, E., (2022). KKN Mengajar Sebagai Alternatif

Program Meningkatkan Anturiasme Belajar Anak-Anak Kelurahan Banjarsari Kecamatan Metro Utara-Kota Metro-Lampung. Jurnal

Dedikasi Negeri, 1(1)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ