PENGARUH MEDIA POSTER TERHADAP PENGETAHUAN ANAK-ANAK TENTANG BAHAYA MEROKOK DI RT 01/ RW 006 PONDOK KACANG TIMUR TAHUN 2023

Amelia Meda Septira, Salwa Nur Alliyah, Tri Wulandari, Andriyani Andriyani

Abstract


Program KKN PKM UMJ tahun 2023 berupa Penelitian dan Pengabdian Masyarakat yang mengambil tema tentang Bahaya Merokok. Hal ini karena hingga saat ini akar masalahnya belum bisa diatasi dengan baik. Mulai dari kalangan anak-anak, remaja, dewasa hingga orang tua semuanya menjadi konsumen setia pengguna rokok. Merokok merupakan kegiatan yang berdampak buruk tidak hanya bagi diri sendiri, tetapi juga orang lain atau keluarga yang ada di sekitarnya baik dalam waktu singkat maupun jangka panjang. Penelitian ini menggunakan metode Pre Eksperimental untuk hubungan sebab akibat (pengaruh) terhadap suatu kelompok. Total sampel pada penelitian ini yakni 19 responden. Pengambilan data dilakukan dengan mengisi kuisioner pretest-postest yang kemudian dianalisis secara univariat dan bivariat. Hasil pengetahuan sebelum di edukasi rata-ratanya sebesar 5,63 dan setelah diberi edukasi rata-ratanya meningkat menjadi 7,00. Dengan hasil uji T berpasangan diperoleh P-Value sebesar 0,010 yang artinya secara statistik terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan peserta sebelum dan sesudah diberikan edukasi mengenai bahaya merokok. Berdasarkan penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa anak-anak yang menjadi responden kami mengalami peningkatan pengetahuan dan kesadaran akan bahaya merokok. Pentingnya edukasi kesehatan untuk menjadi gerbang utama dalam meraih kesuksesan dan kesejahteraan hidup.


Full Text:

PDF

References


Anggraheny, Hema Dewi, and Andra Novitasari. 2019. “Upaya Mengatasi Perilaku Merokok Dengan Penyuluhan Bahaya Merokok Di Kelurahan Rejosari Semarang.” Prosiding Seminar Nasional Unismuh 2:143–47.

Kemenkes RI. 2023. Perokok Dewasa Di Indonesia Meningkat Dalam Sepuluh Tahun Terakhir - Badan Kebijakan Pembangunan Kesehatan | BKPK Kemenkes.

Khairunniza, Edy Susanto, and Aditia Nugraha. 2019. “HUBUNGAN KEBIASAAN MEROKOK TERHADAP PENYAKIT TIDAK MENULAR.” Prosiding Seminar Nasional.

Nasution, Sri Mediati. 2019. “PENGARUH MEDIA POSTER TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG BAHAYA MEROKOK DI SMA NEGERI 1 TANJUNGBALAI TAHUN 2019.”

Prihatiningsih, Diah, Ni Luh Putu Devhy, Ika Setya Purwanti, Ni Wayan Desi Bintari, and Gde Oka Widana. 2020. “PENYULUHAN BAHAYA ROKOK UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN REMAJA MENGENAI DAMPAK BURUK ROKOK BAGI KESEHATAN DI SMP TAWWAKAL DENPASAR.” Jurnal Pengabdian Kesehatan 3.

Sehat Negeriku. 2023. Kaum Muda ASEAN Jadi Target Utama Industri Rokok.

Susanto, Agus, Muladi Putra Mahardika, and Heni Purwantiningrum. 2023. “Pemberdayaan Kesehatan Remaja : Edukasi Bahaya Rokok Elektrik Bagi Siswa SMA Negeri 2 Tegal.” Jurnal Pengabdian UNDIKMA: Jurnal Hasil Pengabdian & Pemberdayaan Kepada Masyarakat 4(3):634–39.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ