Pelatihan Untuk Anak Kelas 8 SMP Di SMPN 21 Kota Tangerang Selatan Teknik Okulasi Dan Grafting Pada tanaman Mangga

Mucahammad Alfarisi Sugiarto, Fitria Alam Handayanti, Latifa Qurrotaini

Abstract


SMPN 21 Kota Tangerang Selatan terletak Pamulang Timur di Banten Kota Tangerang Selatan Kecamatan Pamulang. Jumlah dari anak-anak di setiap kelasnya terdiri dari 40-45 siswa dan siswi, Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan di sekolah bertujuan untuk memberikan ilmu pengetahuan dan pendampingan pada tingkat Sekolah Menengah Pertama. Pelaksanaan kegiatan tersebut dilakukan dengan dua metode : Metode pertama tim pelaksana menyampaikan materi tentang perbanyakan tanaman buah dengan teknik okulasi dan metode kedua praktek langsung teknik okulasi dan grafting  yang dicontohkan oleh tim pelaksana, kemudian diikuti oleh anak-anak sekolah yang diawasi oleh tim agar lebih memahami tentang teknik okulasi dan grafting yang sesuai dengan materi yang telah disampaikan. Mereka sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut dari awal penyampaian materi sampai dengan melakukan praktek teknik okulasi dan grafting, dan penanaman tanaman buah, dengan harapan anak-anak sekolah dapat melakukan secara mandiri dan dapat di pahami oleh setiap siswa dan siswi.


Full Text:

PDF

References


Admojo, L., Prasetyo, N. E., Afifah, E., & Hadi, H. (2013). Pengaruh Juvenilitas Entres Terhadap Karakter Tunas Bibit Okulasi Dini Tanaman Karet. Jurnal Penelitian Karet, 31(1), 13–19.

Boerhendhy, I. (2013). Prospek Perbanyakan Bibit Karet Unggul Dengan Teknik Okulasi Dini. Jurnal Litbang Pertanian, 32(2), 85–90.

Hadi, R. (2010). Teknik dan tingkat keberhasilan okulasi beberapa klon karet anjuran di kebun. Buletin Teknik Pertanian, 15, 39–42.

Junaidi, Atminingisih, & Siagian, N. (2014). Pengaruh Jenis Mata Entres Dan Klon Terhadap Keberhasilan Okulasi Dan Pertumbuhan Tunas Pada Okulasi Hijau Di Polibeg. 32(1), 21–30.

Maloya, U. (2017). Panduan Lengkap Cara Melakukan Teknik Okulasi. In Dinas Pertanian Dan Ketahanan Pangan Pemerintah Kabupaten Ciamis (pp. 1–2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ