SOSIALISASI SIKAP NASIONALISME KEPADA PESERTA DIDIK MTS ASSA’ADAH TAJURHALANG BOGOR

Bimo Eko Saputro, Zulfitria Zulfitria

Abstract


Dalam penelitian ini, kami melakukan analisis situasi permasalahan bersama mitra, yaitu peserta didik MTs Assa’adah Tajurhalang, Bogor, untuk mengidentifikasi kekurangan dalam pemahaman mereka terhadap sikap nasionalisme. Metode pelaksanaan yang kami terapkan melibatkan serangkaian kegiatan sosialisasi, termasuk lokakarya, diskusi kelompok, dan kegiatan seni budaya yang dirancang khusus untuk meningkatkan kesadaran nasionalisme peserta didik. Kami juga memberikan gambaran tentang IPTEK yang relevan sebagai solusi permasalahan ini, termasuk pengenalan kepada peserta didik mengenai sejarah bangsa dan kebudayaan Indonesia, serta nilai-nilai yang mendasari nasionalisme. Hasil pengabdian kepada masyarakat ini mencerminkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman peserta didik terhadap sikap nasionalisme, dengan peningkatan yang terlihat dalam partisipasi mereka dalam kegiatan nasionalisme, seperti upacara bendera, pemahaman tentang Pancasila, dan penghargaan terhadap keragaman budaya di Indonesia. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya pendidikan nasionalisme dalam membangun identitas nasional yang kuat di kalangan peserta didik, serta peran KKN dalam menyediakan platform yang efektif untuk mencapai tujuan ini.


Full Text:

PDF

References


Anisa, C., & Rahmatullah, R. (2020). Visi Dan Misi Menurut Fred R. David Perspektif Pendidikan Islam. Journal EVALUASI, 4(1), 70. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v4i1.356

Handitya, B. (2018). Peran Pendidikan Dalam Membangun Moral Bangsa Di Era Disrupsi. Prosiding Seminar Nasional Jurusan Politik Dan Kewarganegaraan, 2(1), 41–52.

I Wayan Cong Sujana. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. ADI WIDYA Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29–39.

Kemendikbud. (2017). Peta Jalan Generasi Emas Indonesia 2045. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia, 1–30.

Lazwardi, D. (2017). Manajemen Kurikulum Sebagai Pengembangan Tujuan Pendidikan. Idarah: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 99–112.

Moesa, Ali Maschan, (2007). Nasionalisme Kiai : Konstruksi Sosial Berbasis Agama. Yogyakarta : LKIS Printing Cemerlang.

Sodik, F. (2020). Pendidikan Toleransi Dan Relevansinya Dengan Dinamika Sosial Masyarakat Indonesia. Tsamratul Fikri, 14(1), 1–14.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ