PROGRAM DEKORASI RUANG SEKOLAH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR DAN MENGAJAR DI RA AISYIYAH SAWAH BESAR JAKARTA PUSAT

Silvy Amanda Hidayat, Mutiara Nabila, Muhammad Fahmi Ashiddiqi, Syahla Shafa Oktavia, Fenty Febriyana, Muhammad Huzaifi, Cahya Wulan Suci Rahmadani, Dava Rahmanda Praditya, Akmal Abdullah Azzam, Nabila Bilbina Idris, Muhammad Riandra Zhafif, Raihan Raihan, Salsabila Zahra, Raka Yudi Setra, Satriya Lesmana, Rio Cipto Ardiansyah, Nunung Cipta Dainy

Abstract


Tata ruang merupakan sebuah wujud strutuktur ruang dan pola ruang yang disusun secara nasonal, regional, dan lokal, tata ruang erat dengan perencanaan, untuk melihat struktur ruang pada suatu objek. KKN Kelompok kami bertujuan untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih insipratif, nyaman dan sesuai dengan kebutuhan pendidikan masa kini. Dengan cara ini diharapkan siswa dapat mengembangkan potensi mereka dengan lebih baik dan mencapai hasil akademi yang lebih baik. Program ini merupakan tahapan yang panjang dalam masa depan pendidikan dan perkembangan siswa, program ini pun dikatakan berhasil dikarenakan banyak interaksi antar anak-anak usia dini seperti
mengetahui jumlah buah dan mengingat bentuk peta indonesia. Dengan program dekorasi tata ruang anak-anak menadi semangat dan lebih giat untuk sekolah.

Kata Kunci : tata ruang, anak usia dini, sekolah


Full Text:

PDF

References


Aidil Rahmat Atthariq, F. Y. (2020). Dekorasi Furniture Ruangan Menggunakan Augement Reality. Jurnal Teknologi Rekayasa

Informasi dan Komputer, Vol 3 No. 2. Diambil kembali dari https://ejurnal.pnl.ac.id.

Andrew, R. (2023). Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kegiatan Dekorasi

Ruang SD Setia Darma. Jurnal Ilmiah Pengabdian dan Inovasi, Vol 1 No.3.

Drakel, A. (2021). Konsep Pembangunan Tata Ruang, Infrastruktur, Sumber Daya Alam dan Lingkungan. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, Vol 3 No.1. doi:http://doi.org/105281/zenod

Hikmatul Hassanah Ibrahim, A. Z. (2021). Implementasi Penataan Ruang Kelas di MTS Aulia Cendekia Palembang. Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, Vol. 2 No. 4. Diambil kembali dari https://ejournal.iaifa.ac.id

Ihsan, B. (2018). Efektivitas Program Ruang Dekorasi Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta. Yogyakarta: Skripsi.

Listyaningrum, E. M. (2023). Pembuatan Pojok Baca dan Dekorasi Ruang Sebagai Upaya Meningkatkan Minat Baca Anak Usia Dini. Jurnal

Pengabdian Masyarakat, Vol 4 No. 3. Diambil kembali dari https://ejournal.sisfokomtek.org.

Retno, A. D. (2012). Antara Desain Interior Sebuah Kajian Komparatif. Lintas Ruang : Jurnal Pengetahuan dan Perancangan Desain Interior, 2-10.

Rusli, A. N. (2016). Manajemen Tata Ruang Perpustakaan Pesantren Madani Alauddin Pao-Pao Makassar. Jurnal Komunikasi dan Informasi

Perpustakaan, Vol 15 No. 1. Diambil kembali dari https://journal.uinjkt.ac.id.

Utami, N. K. (2022). Prinsip Desain Dalam Penataan Dekorasi Interior

Homestay di Desa Wisata Bongan Tabanan. Jurnal Lentera Widya, Vol

No 2. Diambil kembali dari https://jurnal.idbali.ac.id

Wilma Fauzzia, d. (2018). Pengabdian Kepada Masyarakat Bakti Sosial

Bersama Jamaah Masjid Fatmah Hidayah. Jurnal Abdinas BSI, Vol 1

No. 1. Diambil kembali dari https://ejournal.bsi.ac.id


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ