PROGRAM DEKORASI RUANG SEKOLAH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR DAN MENGAJAR DI RA AISYIYAH SAWAH BESAR JAKARTA PUSAT

Authors

  • Silvy Amanda Hidayat Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Mutiara Nabila Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Muhammad Fahmi Ashiddiqi Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Syahla Shafa Oktavia Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Fenty Febriyana Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Muhammad Huzaifi Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Cahya Wulan Suci Rahmadani Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Dava Rahmanda Praditya Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Akmal Abdullah Azzam Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Nabila Bilbina Idris Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Muhammad Riandra Zhafif Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Raihan Raihan Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Salsabila Zahra Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Raka Yudi Setra Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Satriya Lesmana Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Rio Cipto Ardiansyah Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Nunung Cipta Dainy Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstract

Tata ruang merupakan sebuah wujud strutuktur ruang dan pola ruang yang disusun secara nasonal, regional, dan lokal, tata ruang erat dengan perencanaan, untuk melihat struktur ruang pada suatu objek. KKN Kelompok kami bertujuan untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih insipratif, nyaman dan sesuai dengan kebutuhan pendidikan masa kini. Dengan cara ini diharapkan siswa dapat mengembangkan potensi mereka dengan lebih baik dan mencapai hasil akademi yang lebih baik. Program ini merupakan tahapan yang panjang dalam masa depan pendidikan dan perkembangan siswa, program ini pun dikatakan berhasil dikarenakan banyak interaksi antar anak-anak usia dini sepertimengetahui jumlah buah dan mengingat bentuk peta indonesia. Dengan program dekorasi tata ruang anak-anak menadi semangat dan lebih giat untuk sekolah.Kata Kunci : tata ruang, anak usia dini, sekolah

Author Biographies

Silvy Amanda Hidayat, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Universitas Muhammadiyah Jakarta

Mutiara Nabila, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Universitas Muhammadiyah Jakarta

Muhammad Fahmi Ashiddiqi, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Universitas Muhammadiyah Jakarta

Syahla Shafa Oktavia, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Universitas Muhammadiyah Jakarta

Fenty Febriyana, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Universitas Muhammadiyah Jakarta

Muhammad Huzaifi, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Universitas Muhammadiyah Jakarta

Cahya Wulan Suci Rahmadani, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Universitas Muhammadiyah Jakarta

Dava Rahmanda Praditya, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Universitas Muhammadiyah Jakarta

Akmal Abdullah Azzam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Universitas Muhammadiyah Jakarta

Nabila Bilbina Idris, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Universitas Muhammadiyah Jakarta

Muhammad Riandra Zhafif, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Universitas Muhammadiyah Jakarta

Raihan Raihan, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Universitas Muhammadiyah Jakarta

Salsabila Zahra, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Universitas Muhammadiyah Jakarta

Raka Yudi Setra, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Universitas Muhammadiyah Jakarta

Satriya Lesmana, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Universitas Muhammadiyah Jakarta

Rio Cipto Ardiansyah, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Universitas Muhammadiyah Jakarta

Nunung Cipta Dainy, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Universitas Muhammadiyah Jakarta

References

Aidil Rahmat Atthariq, F. Y. (2020). Dekorasi Furniture Ruangan Menggunakan Augement Reality. Jurnal Teknologi Rekayasa

Informasi dan Komputer, Vol 3 No. 2. Diambil kembali dari https://ejurnal.pnl.ac.id.

Andrew, R. (2023). Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kegiatan Dekorasi

Ruang SD Setia Darma. Jurnal Ilmiah Pengabdian dan Inovasi, Vol 1 No.3.

Drakel, A. (2021). Konsep Pembangunan Tata Ruang, Infrastruktur, Sumber Daya Alam dan Lingkungan. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, Vol 3 No.1. doi:http://doi.org/105281/zenod

Hikmatul Hassanah Ibrahim, A. Z. (2021). Implementasi Penataan Ruang Kelas di MTS Aulia Cendekia Palembang. Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, Vol. 2 No. 4. Diambil kembali dari https://ejournal.iaifa.ac.id

Ihsan, B. (2018). Efektivitas Program Ruang Dekorasi Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta. Yogyakarta: Skripsi.

Listyaningrum, E. M. (2023). Pembuatan Pojok Baca dan Dekorasi Ruang Sebagai Upaya Meningkatkan Minat Baca Anak Usia Dini. Jurnal

Pengabdian Masyarakat, Vol 4 No. 3. Diambil kembali dari https://ejournal.sisfokomtek.org.

Retno, A. D. (2012). Antara Desain Interior Sebuah Kajian Komparatif. Lintas Ruang : Jurnal Pengetahuan dan Perancangan Desain Interior, 2-10.

Rusli, A. N. (2016). Manajemen Tata Ruang Perpustakaan Pesantren Madani Alauddin Pao-Pao Makassar. Jurnal Komunikasi dan Informasi

Perpustakaan, Vol 15 No. 1. Diambil kembali dari https://journal.uinjkt.ac.id.

Utami, N. K. (2022). Prinsip Desain Dalam Penataan Dekorasi Interior

Homestay di Desa Wisata Bongan Tabanan. Jurnal Lentera Widya, Vol

No 2. Diambil kembali dari https://jurnal.idbali.ac.id

Wilma Fauzzia, d. (2018). Pengabdian Kepada Masyarakat Bakti Sosial

Bersama Jamaah Masjid Fatmah Hidayah. Jurnal Abdinas BSI, Vol 1

No. 1. Diambil kembali dari https://ejournal.bsi.ac.id

Downloads

Published

2023-10-26