PENINGKATAN PENGETAHUAN IBU BALITA DALAM MENCEGAH STUNTING DI KAMPUNG BOJONGSARI DESA SUKALUYU CIANJUR

Bagus Rizki Nurohman, Danisa Nabila Sumantri, Muammar Khadafi

Abstract


Stunting merupakan masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh asupan gizi yang tidak memadai pada anak dalam waktu lama. Karena, asupan makanan yang tidak sesuai dengan kebutuhan gizi yang berdampak pada tinggi badan anak pendek. Peningkatan pengetahuan ibu dalam pemilihan makanan yang sehat bagi balita dapat dilakukan dengan program kesehatan masyarakat. Salah satunya dengan memberikan pendidikan kesehatan atau edukasi gizi dengan cara penyuluhan yang merupakan intervensi terhadap perubahan pengetahuan dan perilaku sebagai determinan kesehatan atau kesehatan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pengetahuan ibu terhadap edukasi yang diberikan yaitu pencegahan stunting dan 4 pilar gizi seimbang. Metode yang dilakukan yaitu memberikan edukasi kepada masyarakat di Kampung Bojongsari Desa Sukaluyu dengan jumlah responden 17 Ibu balita. Desain pengabdian kepada masyarakat ini menggunakan desain pre-eksperimental rancangan one group pre-test dan post-test dengan pendekatan kuantitatif. Hasil pengabdian kepada masyarakat ini menunjukan bahwa terdapat peningkatan pengetahuan ibu balita ditandai dengan hasil pre-test dan post-test yaitu dengan hasil mean atau rata-rata. Nilai sebelum penyuluhan adalah 91,76 setelah dilakukan penyuluhan, nilai rata-rata nya adalah 98,82.


Full Text:

PDF

References


Fitroh, Siti Fadjryana, And Eka Oktavianingsih. 2020. “Peran Parenting Dalam Meningkatkan Literasi Kesehatan Ibu Terhadap Stunting Di Bangkalan Madura.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4(2): 610.

Khasanah, Tri Ardianti Et Al. 2023. “Peningkatan Pengetahuan Ibu Hamil Dalam Menurunkan Kejadian Stunting Di Kampung Langkob Desa Majalaya.” Jurnal Abdimas Kesehatan (JAK) 5(2): 360.

Kukerta Lembah Sari. 2022. “Upaya Pemerintah Dalam Pencegahan Stunting.” Upaya Pemerintah Dalam Pencegahan Stunting 2(2): 25–33. Https://Ijosc.Ejournal.Unri.Ac.Id/Index.Php/Ijosc/Article/View/41/.

Munir, Zainal, And Lina Audyna. 2022. “Pengaruh Edukasi Tentang Stunting Terhadap Pemgetahuan Dan Sikap Ibu Yang Mempunyai Anak Stunting.” Jurnal Keperawatan Profesional 10(2): 29–54.

Nugroho, Rudy Agung Et Al. 2021. “Edukasi Pencegahan Stunting Melalui Program KKN KLB 46 Universitas Mulawarman Di Desa Mulupan, Muara Bengkal, Kutai Timur, Indonesia.” Intervensi Komunitas 2(2): 100–106.

Pratiwi Hartono, Nur, Catur Saptaning Wilujeng, And Sri Andarini. 2015. “Pendidikan Gizi Tentang Pengetahuan Pemilihan Jajanan Sehat Antara Metode Ceramah Dan Metode Komik.” Indonesian Journal Of Human Nutrition 2(2): 76–84.

Wulandari Leksono, Andhini Et Al. 2021. “Risiko Penyebab Kejadian Stunting Pada Anak.” Jurnal Pengabdian Kesehatan Masyarakat: Pengmaskesmas 1(2): 34–38.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ