PENYULUHAN STRATEGI PENERAPAN GIZI SEIMBANG UNTUK ANAK DAN PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP ANAK DAN KDRT DI PCA CEMPAKA PUTIH

Alfianta Cesario Rizky M, Muhammad Haekal Kurnia, Naufal Ramzy, Siti Miftah Qodira, Andika Setiawan

Abstract


Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah salah satu bentuk pembelajaran di perguruan tinggi yang mengintegrasikan pengetahuan akademis dengan penerapan praktis dalam masyarakat. Dalam konteks ini, kajian KKN berkaitan dengan paparan gizi dan hukum memiliki relevansi yang penting dalam aspek kehidupan masyarakat. Aspek gizi meiliki peranan krusial dalam menstabilkan kesehatan masyarakat, sementara hukum memiliki peran dalam menjaga kesejahteraan masyarakat. Isu yang diangkat adalah pedoman gizi seimbang pada aspek gizi dan kekerasan dalam rumah tangga. Dalam pelaksanaan KKN, Adapun mitra KKN PCA Cempaka Putih adalah PAUD dan TK Aisyiyah Cabang 22 yang berlokasi di sekitar Kecamatan Cempaka Putih. Lokasi keduanya berada pada lokasi yang cukup strategis dengan keadaan ekonomi sosial rerata pada taraf menengah ke atas, sehingga mitra PAUD dan TK Aisyiah 22 memiliki murid didik yang terbilang cukup banyak. Pelaksanaan KKN dilakukan selama satu bulan pada bulan Agustus 2023 hingga didapatkan hasil akhir berupa laporan akhir kegiatan KKN.


Full Text:

PDF

References


Andriyanto, A. et al. (2021) ‘Penyuluhan “Makanan sehat pada anak PAUD dan TK”’, Lebah, 15(1), pp. 1–7.

Mardhiati, R. (2019) ‘Edukasi Gizi Dan Pembuatan Menu Program Makan Bersama Pada Ibu Siswa/I Pendidikan Anak Usia Dini’, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.

Andriyanto, A. et al. (2021) ‘Penyuluhan “Makanan sehat pada anak PAUD dan TK”, Lebah.

PMK No. 41 Tentang Pedoman Gizi Seimbang, bahan penukar makanan

Mukrimaa, S.S. et al. (2016), Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(August),

Trimaya, A. (2015) ‘Pengaturan Perlindungan Khusus Bagi Anak Korban Kekerasan Dalam Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak (Arrangements for Child Protection As Victim of Violence in Law Number 35’, Jurnal Legislasi Indonesia.

Said, M.F. (2018) ‘Perlindungan Hukum Terhadap Anak Dalam Perspektif Hak Asasi Manusia [Legal Protection of Children in the Perspective of Human Rights]’, Jurnal Cendekia Hukum.

Deshaini, L. (2022) ‘Peran Masyarakat Dalam Undang-Undang Perlindungan Anak’, Majalah Citivas Akademika Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Sumpah Pemuda


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ