IDENTIFIKASI KONDISI DAN PERENCANAAN MEMBUAT POMPA SENTRIFUGAL DI RUMAH TAHFIDZH-PREUNER DI DESA CIBADAK CARIU BOGOR

Mohammad Yusuf, Fadwah Maghfurah

Abstract


Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah salah satu program yang harus ditempuh oleh mahasiswa di Perguruan Tinggi. Kuliah Kerja Nyata, memiliki tujuan untuk ikut serta menyumbangkan pegetahuan dan keterampilan kepada masyarakat dalam rangka menyukseskan pembangunan nasional melalui pemberdayaan masyarakat. Saya Mohammad Yusuf NIM 20200410400045 selaku mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta melakukan kegiatan  KKN dan di bimbing oleh Dosen Pembimbing yaitu Ibu Fadwah Maghfurah,ST,MM,MT  berupa survey lokasi yang akan dibangun rumah Tahfizpreneur di wilayah Cibadak cariu-Bogor, dimana permasalahan dari rumah tahfidzpreuneu ini masih mengandalkan grafitasi untuk pendistribusian air nya. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengelola pendistribusian sumber mata air yang akan digunakan dilokasi tersebut dan menurut analisa survey didapatkan bahwa jangkauan  sumber mata air cukup jauh yaitu 4km di dataran tinggi. Dan kami mendapatkan sebuah ide untuk membuatkan pompa sentrifugal dan control auto off,dengan tujuan agar pendistribusian air dari sumber mata air ke rumah-rumah warga menjadi lebih mudah diakses.


Full Text:

PDF

References


K. Lingga Yana, K. Rihendra Dantes, N. Arya Wigraha. “Rancang Bangun Mesin Pompa Air Dengan Sistem Recharging” Jul. 2017.

Muhammad Arrahman Syu’aiba, Ali Mokhtara, Mulyono. “Perancangan Pompa Sentrifugal berkapasitas 18 liter/detik untuk kebutuhan PDAM di daerah ake galee” Jurnal Turbine (Technology Breakthrough in Engineering) Vol.1, No.2, 2023.

Yakob Iskandar, Nazaruddin, Zainal Arif. “Pengaruh Jumlah Sudu Impeller Terhadap Debit Air yang Dihasilkan Pompa Sentrifugal” Journal Of Mechanical Engineering Vol. 5 (01) Juni 2021.

Achmad Aliyin Musyafa, Indra Herlamba Siregar. “pengaruh jumlah sudu sentrifugal impeller terhadap kapasitas dan efisiensi pompa sentrifugal” Jurnal Teknik Mesin Vol. 03 Nomer 03 Tahun 2015.

Muktar Sinaga. “Analisa Rancangan System Plumbing Distribusi Air Bersih Pada Gedung Bertingkat 3” Jurnal Teknosain Vol. 18 No 03 2021.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ