PELATIHAN SENAM KAKI DIABETES DALAM UPAYA PENCEGAHAN RESIKO KOMPLIKASI PADA PASIEN DIABETES DI RUMAH SAKIT ISLAM JAKARTA

Dwi Ika Mahalani, Nurul Hidayanti, Abdul Wahid, Masmun Zuryati

Abstract


Diabetes melitus (DM) atau bisa disebut kencing manis merupakan suatu gangguan kesehatan pada seseorang yang disebabkan oleh peningkatan kadar gula dalam darah secara menetap akibat kekurangan insulin dan gangguan metabolik. Diabetes Meletus jika tidak dikelola dengan baik akan dapat mengakibatkan terjadinya berbagai penyakit menahun, seperti penyakit serebro-vaskular, penyakit jantung coroner, penyakit pembuluh dara tungkai, penyakit pada mata, ginjal dan saraf. Jika kadar glukosa dapat selalu dikendalikan dengan baik, diharapkan semua penyakit menahun tersebut dapat dicegah, paling tidak sedikit dihambat. Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan keikutsertaan para pengelola kesehatan di tingak pelayanan kesehatan primer. Pedoman pengelolaan sudah ada dan disepakati bersama oleh para pakar diabetes di Indonesia dan dituangkan dalam konsesus Pengelolaan Diabetes Meletus di Indonesia yang telah di cetak dan disebar-luaskan sejak tahun 1994 dan direvisi pada tahun 1998, tahun 2002, dan tahun 2006.


Full Text:

PDF

References


Alfaray. I.R, et al. 14 Penyakit Berbahaya Yang Kamu Harus Tahu. Cet. ke-1. Jakarta: Gema Insani. 2021.

Hananta, Y.P.I. dan Muhammad, L.F.H. Deteksi Dini dan Pencegahan Diabetes Melitus. Cet. ke-1. Yogyakarta: Media Presindo. 2011.

Suyono, Slamet, et al. Penatalaksanaan Diabetes Melitus Terpadu. Cet. ke-11. Jakarta: Balai Penerbit FKUI. 2018.

Sitepu, F.N. et al. Panduan Konseling Kesehatan Dalam Upaya pencegahan Diabetes Melitus. Cet. ke-1. Yogyakarta: CV Budi Utama. 2012.

Utaminingsih, R.M. Mengenal dan Mencegah Penyakit Diabetes, Hipertensi, Jantung dan Stroke Untuk Hidup Lebih Berkualitas. Cet. ke-1. Yogyakarta: Media Ilmu. 2017

Anaabawati, Meylani, et al. “Penyuluhan dan Pendampingan Senam Prolanis pada Penderita Diabetes Melitus di Rusun I Desa Kanuna Kecamatan Kinovaro Kabupaten Sigi”. Jurnal Pengabdian Masyarakat. 23 (4), 229-237.

Nurani, D.R. dan Waluyo, A. “Edukasi Senam Kaki Diabetes dalam Pencegahan Komplikasi Penderita Diabetes Mellitus”. Jurnal Batik Mu. 22 (6), 2776-6888.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ