PAPAN TANDA SEBAGAI PENANDA LOKASI DALAM PENINGKATAN BRANDING “KULINER KALI SADANG”, PERUMAHAN DUTA MEKAR ASRI, DESA CILEUNGSI KIDUL, KABUPATEN BOGOR, JAWA BARAT

Firda Rachma Dewi, Bayu Dwi Prasetyo, Al Arof Muhammad Setyawan, Ratna Dewi Nur’aini

Abstract


Kegiatan Kuliah Kerja Nyata ini berupa ide dan desain Papan Tanda yang akan menjadi penanda lokasi “Kuliner Kali Sadang” yang berada di Perumahan Duta Mekar Asri. Kegiatan ini dilatarbelakangi adanya permasalahan kurang awasnya masyarakat sekitar terhadap adanya lokasi “Kuliner Kali Sadang” yang menyebabkan menurunnya minat dan efektifitas penggunaan tempat yang telah disediakan serta menurunnya perekonomian di lokasi sentra kuliner tersebut. Kegiatan KKN ini berkaitan dengan penyampaian ide pengadaan Papan Tanda di lokasi “Kuliner Kali Sadang” dalam upaya peningkatan branding dari lokasi sentra kuliner tersebut. Metode yang digunakan dalam program ini adalah metode observasi, wawancara, dan penyuluhan sebagai bentuk penyampaian ide. Konstruksi Papan tanda ini terdiri dari tiang penyangga, papan tanda, dan tulisan. Papan Tanda tersebut akan direalisasikan di posisi yang strategis, yaitu harus mudah dilihat dari berbagai arah, tidak terhalang oleh apapun baik itu pepohonan, dinding atau apapun yang dapat menghalangi informasi dari Papan Tanda yang akan dibuat. Kegiatan ini sebagai sarana untuk mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang telah didapat mahasiswa dari pembelajarannya di Universitas Muhammadiyah Jakarta, hal ini merupakan wujud nyata pengalaman yang bermakna bagi mahasiswa dalam kehidupan terjun secara langsung ke masyarakat.


Full Text:

PDF

References


Apriani N., Priyono K. D. (2022) Pembuatan Papan Penunjuk Arah Jalan Dusun Dalam Kegiatan KKN Muhammadiyah Aisyiyah di Desa Keru, Jurnal Abdi GEOMEDISAINS, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia.

Astuti N., dkk. (2022). Pembuatan Papan Penunjuk Arah Sebagai Fasilitas Penunjang Penanda Lokasi Destinasi Wisata di Desa Kembang Kuning, Kecamatan Sikur, Lombok Timur, Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, Universitas Mataram, Indonesia.

Joesyiana K. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Observasi Lapangan (Outdoor Study) Pada Mata Kuliah Manajemen Operasional (Survey pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Semester III Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Persada Bunda), Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UIR, vol. 6, no. 2, Universitas Islam Riau, Indonesia.

Pertiwi R., Damayanti I. (2020). Kajian Estetika Warna Papan Tanda Informasi Pada Restoran Tuttonero Di Jakarta Barat, Jurnal Humaniora Bina Sarana Informatika, vol. 20, no. 2, hal. 147-152, Universitas Esa Unggul, Indonesia. Retrieved from https://doi.org/10.31294/jc.vl19i2

S. Ndruru, (2022). “Peningkatan Keterampilan Menyimak Kegiatan Wawancara Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Siswa”, Jurnal Education And Development, vol. 10, no. 1, halaman 493-497, Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, Indonesia.

Suparman M. N. (2022). Pembuatan Papan Nama Jalan Untuk Memudahkan Masyarakat Dalam Mencari Alamat Di Kelurahan Ela-ela, Kecamatan Ujung Bulu, Kabupaten Bulukumba, Jurnal Lepa-lepa Open, vol. 1, no. 6, Universitas Negeri Makassar, Indonesia.

Syardiansah. (2017). Peranan Kulah Kerja Nyata Sebagai Bagian dari Pengembangan Kompetensi Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Samudra KKN Tahun 2017), Universias Samudra Aceh, Indonesia.

Zaidar C., Nurapriani F. (2022). Proses Pembuatan Sarana Desa Untuk Petunjuk Jalan Di Desa Cipurwasari. Universitas Buana Perjuangan Karawang, Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ