Pelatihan Pembuatan Logo Produk Usaha Makanan Pada UMKM Dapur Khalila

Ilham Lintang, Farhan Arifatangkas, Mufid Cahya, Andry Setiawan, Arman Saputra, Meri Prasetyawati, Wiwik Sudarwati, Thresya Febrianti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memberikan wawasan mengenai desain logo produk usaha makanan pada UMKM Dapur Khalila dan membuat desain logo produk usaha makanan pada UMKM dapur Khalila. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kegiatan-kegiatan program bersama mitra KKN. Hasil Penelitian ditemukan bahwa adanya pelatihan pembuatan logo produk usaha makanan pada UMKM dapur khalila. Dapur Khalila merupakan usaha makanan berskala rumah tangga yang terletak di ciracas, Jakarta utara. Usaha ini dikelola oleh ibu Eny Kuswinarty sejak tahun 2000. Usaha ini bertahan dan bahkan bisa berkembang. Jenis usaha makanan terdiri dari aneka kue basah dan kering. Hingga saat ini Dapur Khalila telah memproduksi 9 varian kue basah yaitu lemper abon, tahu isi, pastel, risol, pudding, putri ayu, donat keju, arem arem, talam dan kucing, seluruh pesanan makanan baik itu kue basah maupun kue kering dikerjakan oleh pemilik usaha dan dibantu 2 orang tenaga kerja, ke dua tenaga kerja tersebut membantu dalam pengolahan bahan dan proses kue. Mitra memiliki masalah dalam penanganan desain. Pelaksanaan dilakukan dengan mahasiswa pada bagian desain. Pelaksanaan ini diselesaikan menggunakan website “Canva”, dimana mahasiswa mencari poster yang sejenis dengan produk mitra dan dilakukan modifikasi yang sesuai dengan produk mitra. Hasil pengabdian diharapkan dapat membantu mitra pada segi pemasaran pada desain.


Full Text:

PDF

References


Canva. (n.d.). Canva Untuk Pendidikan. https://www.canva.com/id_id/pendidikan/

Purwati, Y., & Perdanawanti, L. (2019). Pelatihan Desain Menggunakan Aplikasi Canva. Jurnal Pengabdian Mitra Masyarakat (JPMM) Vol., 1(1), 42–51.

Azany, F. (2014). Analisis Pengaruh Desain Produk, Motivasi Konsumen dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Bellagio. 1-77.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Sugiyono.(2005).MetodePenelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta

Alfian, A. N. (2022). Pemanfaatan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. jurnal Ubharahajaya, 75-84.

Nur Isnaini, K. (2021). Pelatihan Desain Menggunakan Aplikasi Canva. Jawa Tengah: Nisak.

Pelangi, G. (2020). Pemanfaat Aplikasi Canva. Google, 80-91.

Rizanta, A. (2022). Prosiding Senada (Seminar Nasional Daring) Pemanfaatan Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran Masa Kini. Senada PBSI, 1-9.

Sholeh, M. (2020). PENGGUNAAN APLIKASI CANVA UNTUK MEMBUAT KONTEN GAMBAR PADA MEDIA SOSIAL SEBAGAI UPAYA MEMPROMOSIKAN HASIL PRODUK UKM. p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X, 9-20.

Zettira, S. B. (2022). Pelatihan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Kreativitas Desain Promosi Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Jurnal Abdimas Prakasa Dakara, 99-105.

Tenri Ampa, A. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, Volume 12- Issue 2.

Wijaya, N. (2022). Pelatihan Pemanfaatan Canva Dalam Mendesain Poster. Universitas Multi Data Palemban, 1-8.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ