Promosi dan Implementasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di kalangan santri Pondok Pesantren Al-Furqon, Kecamatan Serangpanjang, Kabupaten Subang

Adifa Nur Ma’rifah, Yashinta Frida Legita, Alpri Azika, Sugiatmi Sugiatmi

Abstract


Pondok pesantren sebagai tempat dimana santri tinggal dan belajar memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan perilaku yang mencerminkan nilai-nilai islam yang mencakup aspek kesehatan. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di pondok pesantren diterapkan untuk memberikan tujuan pemahaman, kesadaran dan pembentukkan kebiasan pentingnya menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Kelompok KKN 18 UMJ berinisiatif untuk menyelenggarakan penyuluhan terkait Perilaku Hidup Bersih dan Sehat sebagai upaya kesehatan dan pengimplementasian PHBS dengan cara penyediaan sabun cuci tangan dan tempat sampah. Kegiatan ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Yatim dan Duafa Al-Furqon, Subang pada tanggal 19 Agustus 2023 dan diikuti oleh 10 santri. Dengan adanya penyuluhan dan penerapan PHBS ini diharapkan para santri dapat menerapkannya dikehidupan sehari-hari serta menjadi agen perubahan dalam masyarakat dengan mengedepankan nilai-nilai kesehatan yang islami.


Full Text:

PDF

References


Khafid, Muhammad, Nur Ainiyah, and Siti Maimunah. 2019. “Gambaran Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Di Pondok Pesantren Nurul Huda Surabaya.” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. 11(2):5–24.

Supriatna, Lalu Dedy, Indasah Indasah, and Byba Melda Suhita. 2020. “Program Promotif Poskestren Terhadap PHBS Santri Di Pondok Pesantren.” Holistik Jurnal Kesehatan 14(3):332–37. doi: 10.33024/hjk.v14i3.2741.

Sulistyawati, S. W., Kartikasari, D. P., Rossyanti, L., Arwati, H., Nugroho, M., Amalia, F., ... & Izzati, A. A. (2022). Program Edukasi Dan Perbaikan Sarana Phbs Di Pondok Pesantren Metal Muslim, Pasuruan. Jurnal Layanan Masyarakat, 6(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ