SOSIALISASI EDUKASI RAMBU-RAMBU LALU LINTAS PADA ANAK USIA DINI DI TPA MATAHARI POCIS TANGERANG SELATAN

Fatin Najla Fatihi, Puteri Roro Pangesti, Rendy Maulana, Ririn Widiyasari

Abstract


Pengenalan rambu-rambu lalu lintas belum banyak diketahui oleh anak-anak. Padahal anak-anak perlu diberikan pemahaman mengenai bahaya kecelakaan lalu lintas di jalan raya sehingga mereka akan lebih hati-hati saat menyebrang di jalan raya atau saat ada kendaraan yang lewat. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat berfokus pada edukasi mengenai rambu lalu lintas anak usia dini. Sosialisasi tentang rambu lalu lintas merupakan upaya untuk mengenalkan anak arti dari rambu-rambu lalu lintas. Kegiatan ini disertai dengan poster bergambar, sehingga menimbulkan ketertarikan dan minat baca anak. Metode pelaksanaan edukasi ini bersifat ceramah atau menyampaikan secara langsung pada anak-anak usia PAUD hingga SD yang bertempat tinggal disekitar TPA Matahari Pocis. Tujuan dilaksanakannya pengabdian ini adalah agar anak memahami tentang pengertian dari rambu lalu lintas, macam-macam, jenis serta fungsi dari rambu lalu lintas, dan sikap patuh supaya kelak ketika dewasa diharapkan dapat menaati rambu-rambu lalu lintas dalam kehidupan sehari-harinya. Selama pengabdian ini berlangsung, anak-anak terlihat memberikan respon positif. Selain itu, anak-anak di TPA Matahari Pocis Kota Tangerang Selatan ini juga telah cukup mengerti mengenai rambu-rambu lalu lintas. Hal ini diketahui berdasarkan sesi tanya jawab kepada anak-anak mengenai materi yang telah disampaikan.


Full Text:

PDF

References


Ben-Bassat, T., & Shinar, D. 2006. Ergonomic guidelines for traffic sign design increase sign comprehension. Human factors, 48 (1), 182-195.

Hobbs, F. D. 1995. Perencanaan dan Teknik Lalu Lintas (Terjemahan). Penerbit Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Krismiyani, K., Pahrizal, P., Apriyani, F., Mardiana, M., Asmara, A. dan Harini, R., 2022. “Edukasi Rambu-Rambu Lalu Lintas Terhadap Anak-Anak SDN 38 Kota Bengkulu” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata, 2 (1), pp.16-24.

Nasmirayanti, R., 2019. Perencanaan Ulang Pengaturan Fase Alat Pengatur Lalu Lintas pada Persimpangan Bersinyal di Persimpangan Jl. Jend. Sudirman–Kis Mangun Sarkoro. Rang Teknik Journal, 2 (1).

Nurhayati, E., Dewi, G.K., Rahmawati, E., Rahmawati, N., Sholikhah., Masruroh, L., Suwarni, P., dkk., 2022. “Edukasi Rambu Lalu Lintas Menggunakan Media Ular Tangga Di Sd Negeri Siwalanpanji” JURNAL PADI (Pengabdian Masyarakat Dosen Indonesia), 5 (2), pp.55-60.

Purwanto, R. 2017. Membangun media pembelajaran rambu lalu lintas dengan animasi sebagai metode pembelajaran sejak usia dini studi kasus TK aisyah brebes. INOVTEK Polbeng-Seri Informatika, 2 (2), 73-83.

Sugiyono, P., 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. (D. Sutopo. S. Pd, MT, Ir. Bandung: Alfabeta.

Wantah, M.J., 2005. Pengembangan disiplin dan pembentukan moral pada anak usia dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ