PENGABDIAN MASYARAKAT PADA KKN BAZNAS RI DI KANTOR LAYANAN MUSTAHIK MENUJU KESEJAHTERAAN MELALUI PELAYANAN TERPERCAYA

Astri Dian, Wanda Hamidah, Tri Yuni Hendrawati

Abstract


Program kegiatan kepada masyarakat ini merupakan bentuk kerja sama yang dilaksanakan antara BAZNAS RI dengan mahasiswa. Tujuan program ini untuk membangun kolaborasi antara lembaga seperti Kantor Layanan Mustahik BAZNAS RI dan mahasiswa KKN juga berpotensi memperluas jaringan pelayanan. Mahasiswa dapat berfungsi sebagai perpanjangan tangan dalam mencapai lebih banyak individu yang membutuhkan bantuan. Hal ini secara langsung berkontribusi pada peningkatan cakupan dan dampak dari program-program sosial tersebut. metode Pelaksanaan Pertama, kami melakukan analisis mendalam terhadap permasalahan yang ada. Kemudian, kami merancang pendekatan pelayanan mustahik yang inklusif dan berkelanjutan. Kolaborasi erat dengan mitra membantu mengintegrasikan perspektif mereka dalam perancangan program. Selanjutnya, kami mengimplementasikan sistem pengimputan data mustahik yang terkomputerisasi dan mudah diakses. Hasil kegiatan Pengabdian ini menghasilkan berbagai hasil yang positif. Pertama, data mustahik terimput secara teratur dan akurat dalam sistem, memudahkan monitoring dan evaluasi program. Kedua, pelayanan kepada mustahik menjadi lebih efisien dan merata melalui pendekatan yang terstruktur. Ketiga, kemitraan antara pihak yang memberikan bantuan dan mustahik menjadi lebih erat, mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam pembangunan berkelanjutan.


Full Text:

PDF

References


Iskandar Zulkarnain. (2018). "Pengelolaan Dana Zakat Bagi Pelayan Kesehatan Mustahik " (Studi Pada Rumah Sehat Baznas Yogyakarta). Universitas Islam Indonesia.

Sa’diyah, I. H. (2018). Proses Penentuan Kriteria Mustahik Zakat dan Pendistribusiannya di Dompet Dhuafa Jawa Tengah. universitas Islam Negri Walisongo Semarang.

Sukmasari, D. (2020). Konsep Kesejahteraan Masyarakat Dalam Perspektif Al-Qur’an. At-Tibyan, 3(1), 1–16.

Suryadi, A. (2018). Mustahiq dan Harta yang Wajib Dizakati. Jurnal Keislaman, Kemasyarakatan & Kebudayaan, 19 No 1, 2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ