PERAN MAHASISWA KKN UMJ DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI LINGKUNGAN PCA AISYIAH TANJUNG DUREN, JAKARTA BARAT

M. Ardhan Haykal, Adelia Nur F, Syames Fuady, M. Arvan, Oktaviana Purnamasari

Abstract


Meningkatkan kualitas pembelajaran adalah suatu upaya yang penting dalam dunia pendidikan untuk memastikan bahwa siswa mendapatkan pengalaman belajar yang lebih baik dan lebih bermakna. Guna melaksanakan hal ini, perlu upaya yang berkelanjutan dan melibatkan banyak pemangku kepentingan, termasuk para akademisi baik dari dosen maupun mahasiswa. Berkaitan dengan hal tersebut, penting dilakukan peningkatan pembelajaran bagi siswa di SD dan SMP Al Isra Tanjung Duren, Jakarta Barat yang selama ini masih memerlukan penguatan pembelajaran. Tujuan pengabdian Masyarakat ini adalah untuk membantu meningkatkan kualitas pembelajaran para siswa-siswi SD dan SMP Al Isra, yang merupakan bagian dari amal usaha PCA Aisyiyah Tanjung Duren, Jakarta Barat dengan melibatkan mahasiswa dan dosen pembimbing lapangan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Jakarta. Hasil dari pengabdian masyrakat ini siswa-siswa SD dan SMP semakin termotivasi dan bersemangat melaksanakan pembelajaran. Peningkatan kualitas pembelajaran juga diperoleh para siswa dengan pengalaman baru yang diajarkan oleh para mahasiswa KKN.


Full Text:

PDF

References


Harefa, D., Hulu, F. (2020). Demokrasi Pancasila di era kemajemukan. CV. Embrio Publisher.

Harefa, D., Telambanua, K. (2020). Teori manajemen bimbingan dan konseling. CV. Embrio Publisher.

Harefa, D., Telaumbanua, T. (2020). Belajar Berpikir dan Bertindak Secara Praktis Dalam Dunia Pendidikan kajian untuk Akademis. CV. Insan Cendekia Mandiri.

Harefa, D., D. (2020). Teori Model Pembelajaran Bahasa Inggris dalam Sains. CV. Insan Cendekia Mandiri.

Harefa, D. (2017). Pengaruh Presepsi Siswa Mengenai Kompetensi Pedagogik Guru Dan Minat belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (Survey pada SMK Swasta di Wilayah Jakarta Utara). Horison Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Lingusitik, 7(2), 49–73.

Harefa, D. (2018). Efektifitas Metode Fisika Gasing Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau Dari Atensi Siswa (Eksperimen Pada Siswa Kelas Vii Smp Gita Kirtti 2 Jakarta). Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(1), 35–48.

Harefa, D. (2020a). Belajar Fisika Dasar untuk Guru, Mahasiswa dan Pelajar. CV. Mitra Cendekia Media.

Harefa, D. (2020c). Pengaruh Antara Motivasi Kerja Guru IPA dan Displin Terhadap Prestasi Kerja. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(3), 225–240.

Harefa, D. (2020d). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Pembelajaran Kooperatif Make A Match Pada Aplikasi Jarak Dan Perpindahan. GEOGRAPHY : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 8(1), 1–8.https://doi.org/https://doi.org/10.31764/geography.v8i1.2253

Harefa, D. (2020e). Peningkatan Prestasi Rasa Percaya Diri Dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru IPA. Media Bina Ilmiah, 13(10), 1773–1786. https://doi.org/https://doi.org/10.33758/mbi.v13i10.592

Harefa, D. (2020f). Perkembangan Belajar Sains Dalam Model Pembelajaran. CV. Kekata Group.

Harefa, D. (2021b). Penggunaan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Dinamika Pendidikan., 14(1), 116–132.

Sarumaha, M., D. (2022). Bokashi Sus Scrofa Fertilizer On Sweet Corn Plant Growth. Haga Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 32–50.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ