PENGARUH PEMBERIAN EDUKASI KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA DI MASA PUBERTAS TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN SISWA KELAS 4 SDN CEMPAKA PUTIH TIMUR 01

Khoirunnisa Khoirunnisa, Kafina Sahni, Syifa Laiyina Salfinaz Risan, Aning Subiyatin

Abstract


Kuliah Kerja Nyata Universitas Muhammadiyah Jakarta (KKN UMJ) merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa dan merupakan bentuk perkuliahan yang dilaksanakan melalui program pemberdayaan masyarakat sebagai bentuk implementasi. Dalam pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) tahun ini kami mengangkat tema “Pembentukan Generasi Sehat dan Tangguh dengan Edukasi Kesehatan Reproduksi”. Kegiatan ini menggunakan beberapa tahap, dimulai dari tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Responden dalam kegiatan ini sebanyak 58 peserta didik. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini untuk melihat pengaruh pemberian edukasi penyuluhan Kesehatan Reproduksi terhadap peningkatan pengetahuan siswa di SDN Cempaka Putih 01 Timur. Guna mengukur efektifitas penyuluhan dalam meningkatkan pengetahuan dilakukan melalui pemberian pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil pengukuran tersebut didapatkan hasil bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pengetahuan sebelum diberikan penyuluhan dengan setelah diberikan penyuluhan, yaitu sebesar 10,7 yang mana dari 54,3 (sebelum pemberian penyuluhan) meningkat menjadi 65,0 (setelah diberikan penyuluhan). Lalu, berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa guna meningkatkan pengetahuan siswa dapat dilakukan melalui kegiatan penyuluhan dengan metode edukasi video dan diskusi interaktif.


Full Text:

PDF

References


Azmi Al Bahij, Nurfadillah, and Erlina Indarti. 2020. Remaja Juara Cerdas Menghadapi Pubertas. Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Mukhlisiana Ahmad. 2020. Buku Ajar Kesehatan Reproduksi. Bandung: Media Sains Indonesia.

Prima Dewi Kusumawati, Sepda Ragilia, Nur Widya Trisnawati, Nindya Cahya Larasati, Aning Laorani, and Sergio Rodrigues Soares. 2018. “Edukasi Masa Pubertas Pada Remaja.” Journal of Community Engagement in Health 1(1):1–3.

Rosita Rosita, Nurul Ikawati, and Syamsuryanita Saleh. 2023. “Penyuluhan Tentang Pubertas Dalam Menghadapi Perubahan Fisik Pada Remaja.” Jurnal Masyarakat Mandiri 7(1):213–20.

Sri Devi Syamsuddin. 2023. “Pengaruh Edukasi Kesehatan Reproduksi Terhadap Pengetahuan Pada Remaja Pubertas Di SMPN 1 Kapala Pitu Tahun 2022.” Jurnal Midwifery 5(1):27–33.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ