DIGITAL MARKETING PADA DESAIN WEB UNTUK MENINGKATKAN PENGALAMAN PENGGUNA
Abstract
Perkembangan Teknologi informasi saat ini semakin cepat, pesatnya kemajuan teknologi sangat berpengaruh pada dunia pendidikan. Tuntutan global menjadikan pendidikan di Indonesia untuk terus mengikuti perkembangan teknologi agar dapat meningkatkan mutu pendidikan. Pemasaran berbasis digital atau yang dikenal dengan digital marketing merupakan salah satu wujud pemanfaatan teknologi sebagai sarana memasarkan produk berbasis media digital. Digital marketing mulai banyak digunakan oleh pelaku usaha sebagai upaya mengikuti arus digitalisasi yang secara perlahan meninggalkan model pemasaran konvensional. Pada IT Training Centre Jrcodestudio sedang mengalami transformasi marketing dari konvensional menjadi digital. Hal ini dirasakan sangat penting karena model pemasaran modern dalam menerapkan komunikasi dan transaksi real time, kemudahan akses sehingga dapat memberi kemudahan dalam pencarian informasi mengenai pelatihan, kursus dan sertifikasi pada IT Training Centre Jrcodestudio. Penelitian menggunakan metode kualitatif, didukung pencarian data melalui wawancara tidak langsung, observasi, serta studi literatur. Pembuatan website menggunakan model SDLC ( Systems Development Life Cycle). Hasil penelitian ini yaitu website yang menjadi media utama. Luaran penelitian ini diharapkan bermanfaat untuk meningkatkan pengalaman pengguna pada website jrcodestudio.References
Digital Marketing: Pengertian, Keunggulan, Jenis, dan Tujuannya, 30 Agustus 2023, https://greatnusa.com/artikel/digital-marketing-adalah/
Febriyani, V. (2020). Perbandingan Efektivitas Strategi Marketing Konvensional dengan Digital Marketing pada Hotel Horisson Ultima RISS Yogyakarta (Skripsi Sarjana, Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta).
Gumilang, RR. (2019). Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri. Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, Vol 10 No 1, 9-14.
Hasugian, PS. (2018). Perancangan Website Sebagai Media Promosi dan Informasi. Journal Of Informatic Pelita Nusantara Volume 3 No 1, 82-86.
Isna S, AH. & Ikaningtyas, M. (2023). Penerapan Desain Grafis Dalam Memasarkan Aplikasi Bangbeli Guna Meningkatkan Pendapatan Mitra Bisnis Pelaku UMKM di PT. Doa Anak Digital (Bangbeli). Jurnal Riset Rumpun Seni, Desain dan Media (JURRSENDEM), Vol.2, No.2, 1-10.
Jasri dkk. (2022). Penerapan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah, Vol. 6, No. 2, 212-224
Natari, SU. & Raharja, SJ. (2022). E-Desain Sebagai Strategi Pemasaran Digital Bagi Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) dan Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kabupaten Pangandaran. Kumawula, Vol. 5, No.3, 621 – 626.
Apa Itu Website? Pengertian, Fungsi, Sejarah, Unsur, dan Jenisnya. 30 Agustus 2023. https://www.niagahoster.co.id/blog/pengertian-website
Sakti dkk. (2023). Perancangan Aplikasi Pemasaran Online Koneksi dengan Marketplace sebagai Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Penjualan bagi UMKM. Jurnal Esensi Infokom Vol 7 No. 1, 17-22.
Syukri, AU. & Sunrawali, AN. (2022). Digital marketing dalam pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah. KINERJA: Jurnal Ekonomi dan Manajemen Volume 19 Issue 1, 170-182.
Ulumuddin dkk. (2022). Adaptasi Digital Marketing berbasis Website untuk Produk UMKM Fatikha Sweet Honey. Jurnal Informatika Upgris, Vol. 8, No. 1, 5