Perubahan Sosial Ekonomi Terhadap Perkembangan Batu Akik Di Petukangan Utara

Muhammad Ichsan Satrio, Farhan Syah Eka Putra, Muhammad Ridwan

Abstract


Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu bentuk kegiatan pengabdian pada masyarakat yang dilaksanakan oleh mahasiswa sekaligus sebagai bagian dari perwujudan pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Jakarta yang dilaksanakan mulai tanggal 3 Agustus hingga 16 Agustus 2023. Kegiatan Kuliah Kerja Nyata  (KKN) salah satunya adalah  bentuk pengabdian kepada masyarakat. Salah satu program kerja dari pengbdian masyarakat ini adalah penelitian dari setiap sudut aspek yang dilatar belakangi oleh pendidikan masing-masing  mahasiswa yang terlibat di dalam program kerja pengabdian masyarakat terhadap proses pembuatan batu akik ini sendiri. Proses penelitian dilakukan melalui pengamatan yang dilakukan secara langsung oleh mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN), hingga hasil dari pengamatan meneliti terdapat batasan masalah diantaranya, memberikan solusi terkait postur kerja pengrajin agar tidak terjadi kecelakaan kerja dalam proses pembuatan batu akik, menerapkan desain pada tata letak penempatan penjualan batu akik, dan memperbaiki komponen yang terjadi kerusakan pada bearing dan v-belt.


Full Text:

PDF

References


Sayuti, M. (2015). MODUL KKN-PPM TEMATIK (Hibah KKN-PPM 2014): Pemberdayaan Komonitas Nelayan Dengan Penerapan Teknologi Keramba Jaring Apung Untuk Pembudidayaan Ikan Kerapu.

Meganingrum, R., & Fauziah, N. (2017). Hubungan Antara Identitas Sosial Dengan Kecenderungan Perilaku Konsumtif Pada Penggemar Batu Akik Dan Batu Mulia Di Semarang. Jurnal Empati, 6(1), 365-373.

Syamsuri, A. S., & Akhir, M. (2015). Perubahan Sosial Ekonomi Terhadap Eksistensi Batu Akik. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 3(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ